Bolehkah Penderita Wasir Berolahraga?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang bisa membuat aktifitas sehari-hari kita tidak nyaman adalah wasir. Tak hanya bisa membuat kita tidak nyaman saat duduk, banyak penderita wasir yang panik tatkala mengetahui adanya darah yang mengucur dari anusnya tatkala uang air besar. Penyakit ini pun membuat penderitanya sebaiknya tidak terlalu sering melakukan aktifitas yang bisa memberikan tekanan berlebihan. Namun, apakah hal ini berarti penderita wasir tidak boleh melakukan olahraga?

doktersehat-olahrag-yoga-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika beberapa jenis olahraga dengan intensitas tinggi layaknya bersepeda, mendayung, hingga berkuda, ternyata bisa memberikan tekanan berlebihan pada anus sehingga bisa membuat wasir pun menjadi semakin parah. Olahraga yang bisa membentuk tubuh layaknya angkat beban juga bisa memicu pembengkakan dan pendarahan pada wasir. Namun, bukan berarti penderita wasir tidak boleh melakukan olahraga sama sekali. Menurut pakar kesehatan, beberapa jenis olahraga yang sebenarnya juga memiliki intensitas yang cukup tinggi layaknya berlari di atas treadmill, berenang, atau melakukan yoga, ternyata sangat direkomendasikan untuk dilakukan bagi para penderita wasir.

Mengapa ketiga olahraga ini boleh dilakukan oleh penderita wasir? Menurut pakar kesehatan, olahraga tersebut tidak akan memberikan tekanan berlebihan pada bagian anus. Selain itu, olahraga tersebut juga bisa membuat kemampuan otot meningkat dan membuat berbagai jaringan otot di seluruh tubuh, termasuk area anus, menjadi lebih kuat. Alhasil, peradangan pada wasir pun bisa semakin ditekan. Olahraga yang melatih pernafasan layaknya yoga juga sangat disarankan oleh pakar kesehatan karena bisa meringankan penyakit ini.

Jika penderita wasir ragu dalam memilih olahraga yang aman bagi kondisi kesehatannya, ada baiknya mereka melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu agar bisa melakukan olahraga yang tepat.