Bolehkah Minum Obat Tidur Saat Hamil?

doktersehat-obat-tidur-insomnia

DokterSehat.Com– Kehamilan dapat membuat Anda gelisah atau susah tidur di saat malam hari. Akibatnya, Anda bangun dalam kondisi tidak segar dan lemas sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda, Menghadapi hal ini, Anda mungkin terbesit ide untuk mengonsumsi obat tidur selama hamil.

Penyebab susah tidur saat hamil

Dilansir dari laman momjunction, ada beberapa faktir yang dapat menyebabkan Anda susah tidur saat hamil. Kondisi ini dapat disebabkan karena kondisi fisik atau psikis Anda. Beberapa penyebab susah tidur saat hamil antara lain:

  • Kram
  • Sesak napas
  • Nyeri ulu hati
  • Mual
  • Sering buang air kecil
  • Janin yang semakin besar
  • Pengaruh hormon progesteron

Bahaya minum obat tidur saat hamil

Meskipun Anda sering merasa lemas karena kurang tidur saat hamil, para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat tidur saat hamil, terutama di trimester pertama dan ketiga.

Dilansir dari laman babycenter, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi obat tidur jenis benzodiazepines dan non-benzodiazepines selama kehamilan dapat memicu risiko bayi lahir prematir, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan dapat menimbulkan gangguan pernapasan.

Penelitian lain menyebutkan bahwa mengonsumsi obat tidur saat hamil dapat menyebabkan gangguan otot pada balita, memicu kontraksi, ruptur uteri dan abruptio plasenta. Pada beberapa kasus, ditemukan penurunan IQ pada bayi ketika ibunya menggunakan obat tidur saat hamil.Saat

Cara mengatasi susah tidur saat hamil

Agar bisa tidur nyenyak saat hamil, Anda bisa mengatasinya dengan cara mudah tanpa obat tidur, di antaranya dengan mematikan lampu kamar saat tidur. banyak minum air putih untuk menghindari mual, dan menyempatkan untuk tidur siang.

Cara lain yang perlu Anda coba adalah dengan memperbaiki posisi tidur saat hamil. Biasakan untuk tidur miring ke kiri agar aliran darah dan nutrisi pada janin menjadi lebih lancar.