Bolehkah Mengkonsumsi Makanan yang Sudah Dikerubungi Semut Sebelumnya?

DokterSehat.Com– Serangga seperti semut memang sangat mudah ditemukan di rumah meskipun kita sudah berusaha untuk membersihkan rumah sebaik mungkin. Yang menjadi masalah adalah, semut kadangkala mengincar makanan yang ada di meja makan. Karena sayang dengan makanan tersebut, kita pun memilih untuk membersihkannya dari semut dan tetap kita konsumsi. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah sempat dikerubungi semut sebelumnya?



Pakar kesehatan dr. Cindy Annathasshia menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada ketentuan yang pasti apakah mengkonsumsi makanan yang sudah dihinggapi oleh semut itu berbahaya atau tidak. Satu hal yang pasti, semut cenderung memiliki perilaku yang berbeda dengan lalat yang biasanya ditemukan di tempat yang jorok dan kotor. Hanya saja, karena kita tidak bisa memastikan apakah semut sudah melewati tempat yang kotor atau tidak, sebaiknya kita memang menempatkan makanan di area yang tidak mudah dijangkau oleh semut dan tidak mengkonsumsi makanan yang sudah dikerubungi semut dalam jumlah yang banyak.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Dyah Novita Anggraini menyebutkan bahwa makanan yang telah dikerubungi oleh semut telah berkurang kebersihannya. Bisa jadi semut membawa bakteri atau kotoran pada tubuh atau kakinya yang bisa saja memicu masalah kesehatan jika ikut tertelan bersama dengan makanan yang kita konsumsi tersebut.

Lantas, bagaimana jika kita tidak sengaja menelan semut karena tidak sadar jika makanan ini sudah dikerubungi semut sebelumnya? Dr. Dyah menyebutkan bahwa asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak dan berupa semut rumahan, semut ini akan terurai oleh asam lambung dan tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.