Bolehkah Mengkonsumsi Buah yang Sudah Benyek?

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang sebaiknya kita konsumsi sehari-hari adalah buah. Dengan mengkonsumsi buah, maka kita pun akan mencukupi kebutuhan serat, vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi baik lainnya. Sayangnya, kadangkala kita tidak memilih buah dengan tepat atau tidak menyimpannya dengan benar sehingga buah yang akan kita konsumsi ternyata sudah mulai benyek atau bahkan berjamur. Sebenarnya, apakah buah ini masih bisa kita konsumsi?

doktersehat-buah-anggur-pisang

Sebagian orang berkata bahwa asalkan belum membusuk, buah-buahan yang sudah benyek ini masih bisa dikonsumsi sebagian. Sayangnya, menurut pakar kesehatan Marianne Gravely dari bidang keamanan makanan di USDA, ada baiknya kita tidak lagi mengkonsumsi buah yang sudah benyek. Tak hanya mengalami perubahan rasa dan tekstur, bisa jadi kandungan nutrisi buah ini juga sudah berubah.  Jika kita secara tidak sengaja mengkonsumsi buah benyek ini, seringkali hal tersebut tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya. Hanya saja, bagi sebagian orang yang lebih sensitif, bisa jadi konsumsi buah ini justru akan memicu gejala layaknya sakit perut atau mual-mual yang ringan.

Jika kita menemukan buah yang sudah benyek, ada baiknya memang kita segera membuangnya. Jika buah yang sudah benyek atau berjamur ini menyentuh buah lainnya, cobalah dicek kondisi buah lainnya. Jika kondisinya masih baik, kita hanya perlu mencucinya sebelum mengkonsumsinya. Namun, jika buah yang menempel pada buah yang benyek sebelumnya juga mulai mengalami tanda-tanda berjamur atau benyek, ada baiknya kita membuangnya saja.

Untuk mengetahui apakah buah sudah mengalami benyek atau tidak, Gravely berkata bahwa kita hanya perlu membasuh buah tersebut pada air. Jika buah ini memiliki kulit yang keras, cobalah untuk menggosoknya dengan sikat agar bisa mengetahui kondisi buah tersebut. Sementara itu, jika kita membeli buah berjenis beri, ada baiknya kita tidak mencucinya terlebih dahulu sebelum akan dikonsumsi karena air ternyata bisa merusak buah tersebut dan membuatnya lebih cepat membusuk.