Bolehkah Memandikan Bayi di Malam Hari?

DokterSehat.Com– Agar tubuh bayi menjadi lebih bersih dari berbagai kotoran dan debu yang menempel setelah bermain seharian, ada baiknya orang tua memandikannya di sore hari. Dengan tubuh yang bersih, bayi tentu akan merasa lebih nyaman dan membuat mereka tidur dengan lebih nyenyak. Sayangnya, dalam beberapa kasus, bayi justru tidur di jam-jam sore hingga malam tiba di waktu dimana mereka seharusnya mandi. Apakah tidak apa-apa jika bayi dimandikan di malam hari?

doktersehat-bayi-mandi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa memandikan bayi di malam hari ternyata boleh-boleh saja untuk dilakukan. Hanya saja, pastikan untuk memandikannya dengan air hangat agar badannya tidak kedinginan. Selain itu, ada baiknya air yang dipakai juga tidak terlalu panas karena bisa memicu masalah kulit kering, kemerahan, hingga iritasi.

Meskipun tidak masalah bagi kesehatan, pakar kesehatan Professor Aziz Sheikh yang berasal dari Edinburgh University di Skotlandia menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak terlalu sering memandikan bayi di malam hari. Mandikan di waktu yang lebih awal dimana suhu udara tidak terlalu dingin. Selain itu, beliau juga menyarankan orang tua untuk tidak memandikan bayi terlalu sering karena bisa membuat kulit bayi kehilangan kandungan minyak alami dan bakteri baik yang bisa mencegah datangnya penyakit. Jika kita terlalu sering melakukannya, dikhawatirkan bayi justru bisa mengalami alergi.

Jika di malam hari badan bayi terlihat kotor kembali, kita tinggal mengusap tubuhnya dengan handuk basah dan mengganti pakaiannya. Hanya saja, jika bayi terlihat sangat kotor dan banyak berkeringat, kita bisa kembali memandikannya meskipun ada baiknya tidak melakukannya jika sudah melewati pukul 20.00.