Bolehkah Kita Mencabut Gigi Dengan Benang?

DokterSehat.Com – Gigi yang goyang, khususnya yang terjadi pada anak-anak, seringkali menjadi tanda bahwa gigi tersebut segera tanggal dan akan segera diganti dengan yang baru. Goyangnya gigi ini menandakan bahwa akar gigi sudah cukup pendek dan bisa segera lepas dengan sendirinya. Sayangnya, banyak orang tua yang kurang sabar untuk menunggu gigi tersebut lepas sehingga akhirnya memilih untuk mencabutnya dengan benang. Sebenarnya, amankah mencabut gigi dengan memakai benang?

doktersehat-sakit-gigi-pipi-wanita

Pakar kesehatan gigi bernama drg. Felicia melati SpKGA menyebutkan jika gigi yang goyang adalah hal yang alami terjadi dan tanpa perlu kita apa-apakan pun, gigi tersebut nantinya akan terlepas dan digantikan oleh yang baru. Karena hal ini, drg. Felicia pun menganggap kegiatan mencabut gigi dengan benang sebagai hal yang tidak perlu untuk dilakukan.

Memang, dalam beberapa kasus, ada gigi yang sudah goyang namun akarnya masih cenderung panjang sehingga gigi tersebut tak kunjung tanggal. Hal ini memang bisa disebabkan oleh infeksi. Sayangnya, andai kita juga mencabut gigi tersebut dengan benang, bisa jadi infeksi pada gigi justru bisa menjadi semakin parah.

Pakar kesehatan lainnya, Profesor Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD, menyebutkan jika meskipun gigi yang sudah goyang, gigi tersebut sebenarnya masih tertanam dalam gusi dan memiliki akar. Memang, kondisi ini menandakan bahwa gigi memang akan segera tanggal. Namun, jika kita mencabut gigi yang masih tertanam ini, dikhawatirkan kita justru akan merasa kesakitan atau bahkan memicu pendarahan. Dalam beberapa kasus, benang yang dipakai untuk mencabut gigi juga tidak steril sehingga besar kemungkinan kita justru menyebabkan masalah infeksi gigi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak sembarangan mencabut gigi dengan menggunakan benang. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter gigi sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik bagi gigi yang sudah goyang.