Bolehkah Keseleo Dipijat?

Dokter Sehat – Apa Anda pernah mengalami keseleo atau terkilir? Keseleo bisa terjadi karena melakukan aktivitas yang berlebihan, sehingga otot mengalami peradangan, robek, dan bengkak. Keseleo sering sekali terjadi pada pergelangan tangan, pergelangan kaki dan ruas-ruas jari. Gejala umum keseleo adalah bengkak, nyeri dan kulit Nampak kemerahan.



Sebagai salah satu bentuk penyembuhan, banyak sekali orang yang lebih memilih untuk memijatkan bagian yang keseleo. Pijat untuk keselo tidak bisa sembarangan, bahkan ada beberapa kasus yang justru tidak dianjurkan untuk melakukan pemijatan. Kalau salah sedikit akan bertambah parah kondisinya.

Pernahkah Anda melihat bagian yang keseleo menjadi lebih besar setelah dipijat? Hal itu adalah salah satu contoh kasus kesalahan pemijatan, pijat untuk keseleo tidak seperti pijat untuk kondisi biasa. Bila ditanya lebih lanjut bolehkah keseleo di pijat? Mungkin jawabannya tidak, akan lebih baik bila saat terjadi keseleo kita melakukan pertolongan dengan mengistirahatkan bagian yang keseleo agar ketegangan berkurang tanpa diberi ramuan apa- apa atau dipijat, setelah rileks lanjutkan dengan mengompresnya agar bagian yang keseleo tidak terkontaminasi dengan faktor eksternal maka kita bisa membalutnya dengan perban.

Lalu bagaimana bila cara diatas tidak juga bisa menyembuhkan luka keseleo? Bila kita terpaksa harus melakukan pemijatan terhadap bagian yang keseleo, maka kita harus memperhatikan beberapa hal. Jangan pernah memijatnya seorang diri bila kita tidak mengerti masalah pemijatan untuk orang keseleo, pilihlah tukang pijat yang sudah profesional dan berpengalaman terhadap masalah keseleo. Jangan sembarangan dalam memilih tukang pijat karena bisa berakibat fatal.