Bolehkah Kembali Berolahraga Jika Otot Masih Terasa Nyeri?

DokterSehat.Com – Tak hanya membuat kita memproduksi banyak keringat, olahraga juga bisa membuat kita terkena nyeri otot, khususnya pada kaki, perut, dan tangan. Sebuah pertanyaan pun muncul, jika kita masih merasakan nyeri ini hingga keesokan paginya, apakah kita boleh kembali berolahraga?

doktersehat-cedera-olahraga-keseleo-kaki

Pakar olahraga Tim Rich berkata bahwa nyeri otot adalah hal yang wajar muncul setelah berolahraga, bahkan bagi mereka yang tergolong rutin melakukannya. Nyeri otot ini biasanya tidak akan bertahan lama dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beristirahat atau mendapatkan pijatan. Menurut Rich, rasa nyeri yang bisa bertahan satu atau dua hari ini dalam dunia kesehatan disebut sebagai delayed onset muscle soreness atau DOMS. Penyebab dari DOMS ini adalah kerusakan pada sel-sel otot yang justru akan membuat serat otot terbangun kembali dengan lebih kuat.

Meskipun nyeri otot ini masih terasa, ada baiknya kita tetap berolahraga meskipun memang sebaiknya memilih olahraga dengan intensitas lebih ringan. Sebagai contoh, andai kaki kita terasa nyeri, maka cobalah untuk melakukan olahraga lain yang bisa melatih kekuatan tangan. Jika rasa nyeri ini sudah terasa layaknya sensasi terbakar, barulah kita sebaiknya berhenti melakukan olahraga terlebih dahulu dan mengistirahatkan tubuh.

Beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit demi menghilangkan rasa nyeri otot ini. Menurut Rich, cara ini sangatlah tidak direkomendasikan karena kita justru menutupi reaksi alami tubuh untuk memulihkan diri. Andai kita menggunakan obat tersebut, kita memang merasa nyaman untuk berolahraga tanpa rasa sakit. Namun, bisa jadi kerusakan pada otot akan menjadi semakin parah dan kita lebih rentan terkena cedera.

Agar otot-otot bisa lebih cepat dalam memulihkan diri, Rich menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar protein yang tinggi setelah berolahraga. Jika rasa nyeri ini tak kunjung mereda atau terasa sangat sakit, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.