Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?

DokterSehat.Com – Cukup banyak ibu menyusui yang ingin menjalani ibadah puasa namun khawatir jika hal ini bisa menurunkan produksi ASInya. Jika hal ini terjadi, bayi pun tidak akan mudah kenyang sehingga cenderung lebih rewel atau kekurangan nutrisi. Namun, menurut pakar kesehatan, andai ibu hamil mengetahui triknya, mereka tetap bisa menjalankan ibadah puasa tanpa khawatir anaknya akan kekurangan asupan ASI. Seperti apakah trik yang bisa dilakukan ibu menyusui agar bisa tetap berpuasa?

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

Pakar kesehatan spesialis gizi bernama dr. Diana Suganda, M.Kes, Sp.GK, menyebutkan bahwa ada baiknya ibu menyusui memenuhi asupan cairan dan protein tambahan setidaknya 20 gram per harinya. Mereka bisa mengkonsumsi kacang-kacangan yang bisa membuat produksi sekaligus kualitas ASI meningkat. Hanya saja, jika ibu menyusui tetap berpuasa di siang hari, mereka tidak akan mendapatkan makanan atau minuman apapun sehingga tentu akan berpengaruh pada menurunnya produksi ASI.

Untuk mensiasati hal ini, ibu menyusui bisa memompa ASInya di malam hari dan menempatkannya dalam botol dan didinginkan dalam freezer kulkas agar bisa diminum oleh buah hatinya di siang hari saat berpuasa. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena asupan makanan saat berbuka dan sahur akan segera dimetabolisme oleh tubuh dan biasanya, saat malam harilah produksi ASI sedang maksimal sehingga bisa segera dipompa untuk menyediakan asupan ASI bagi si kecil.

Menurut dokter yang berasal dari Rumah Sakit Pondok Indah ini, berpuasa memang memungkinkan untuk membuat produksi ASI habis. Namun, bukan berarti produksi ASI akan berhenti begitu saja. Tubuh ibu menyusui secara alami akan segera mengganti ASI yang dikeluarkan dengan memproduksi ASI yang baru, asalkan, ibu tetap memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan tepat.

Dr. Diana sendiri menyarankan konsumsi air minum 12 gelas setiap harinya dan memperbanyak asupan buah dan sayuran selama bulan Ramadhan untuk memastikan bahwa produksi ASI tetap baik meskipun ibu berpuasa.