Bolehkah Ibu Hamil Muda Naik Sepeda Motor?

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia, baik itu laki-laki maupun perempuan, cenderung sangat mandiri karena bisa bepergian ke berbagai tempat hanya dengan sepeda motor seorang diri. Hanya saja, banyak wanita yang baru saja mendapatkan kehamilan ragu untuk mengendarai sepeda motornya saat beraktifitas karena khawatir jika hal ini bisa memicu keguguran. Sebenarnya, apakah ibu yang sedang hamil muda boleh naik sepeda motor?

doktersehat-kehamilan-eklamsia

Banyak ibu hamil muda yang berpikir jika guncangan saat berkendara dengan sepeda motor bisa menyebabkan keguguran pada janinnya. Namun, cukup banyak ibu hamil yang tetap seperti biasa beraktifitas dengan sepeda motornya dan tidak mengalami gangguan kehamilan apapun hingga proses persalinan. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya memang ibu yang sedang hamil muda harus berhati-hati dengan guncangan yang keras karena bisa memicu keguguran. Hal ini berarti, andai mereka tetap beraktifitas dengan menggunakan sepeda motor sekalipun, ada baiknya mereka melakukannya dengan pelan dan berhati-hati sehingga tidak mudah terkena guncangan.

Mengingat ibu hamil muda cukup mudah terkena gangguan kesehatan layaknya badan yang lemas, mual-mual, hingga muntah, maka ada baiknya mereka tidak memaksakan diri untuk berkendara sepeda motor seorang diri karena bisa saja membuat kondisi kesehatannya menurun sekaligus meningkatkan resiko terkena kecelakaan. Karena alasan inilah banyak pakar kesehatan yang menyarankan ibu hamil untuk tidak naik kendaraan bermotor seorang diri.

Meskipun beberapa pakar kesehatan memperbolehkan ibu hamil berkendara dengan sepeda motor seorang diri atau membonceng, ada baiknya ibu hamil juga tidak melakukannya dalam jarak yang cukup jauh mengingat mereka tentu akan lebih mudah lelah sehingga bisa membahayakan kesehatannya. Selain itu, pastikan pula agar ibu hamil selalu menggunakan peralatan yang lengkap layaknya jaket, helm, dan juga masker. Andai ibu hamil membonceng pasangannya saat naik kendaaan bermotor, ada baiknya ibu hamil melakukannya dengan posisi mengangkang agar bisa duduk dengan posisi nyaman dan tidak mudah lelah.