Bolehkah Ibu Hamil Muda Mandi Air Dingin?

DokterSehat.Com – Mandi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil untuk tidak mandi dengan air hangat secara sembarangan. Meskipun bisa membuat otot-otot menjadi rileks, menghilangkan rasa lelah pada tubuh, dan meremajakan kulit, pakar kesehatan berkata bahwa kerap mandi dengan air hangat bisa membuat ibu hamil mengalami masalah saat melahirkan. Namun, bagaimana jika ibu hamil muda mandi dengan air dingin? Apakah hal ini bisa menyebabkan masalah bagi kehamilannya?

doktersehat-mandi-air-dingin

Pakar kesehatan yang ahli di bidang kesuburan dan kandungan bernama dr. Rita Bakshi dari International Fertility Center di New Delhi, India, berkata bahwa ibu hamil harus memperhatikan suhu air yang digunakan untuk mandi. Pakar kesehatan lain yang juga ahli di bidang kandungan bernama dr. Meenakshi Ahuja yang berasal dari Fortis La Femme, New Delhi, juga mengungkapkan hal yang sama. Memang, ada baiknya ibu hamil memperhatikan rasa nyaman saat mandi, namun, ada baiknya mandi juga jangan dilakukan dengan suhu air yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Bagi beberapa ibu hamil muda yang tinggal di area yang panas dan membuat mereka mudah berkeringat, mandi dengan air yang bersuhu dingin tentu akan terasa menyegarkan. Namun, sekali lagi, pakar kesehatan juga menyarankan ibu hamil untuk tidak menggunakan suhu yang terlalu dingin. Dr. Meenakshi sendiri merekomendasikan suhu air di bawah 45 derajat Celcius sebagai suhu ideal air yang bisa digunakan untuk mandi bagi ibu hamil. Untuk mengecek apakah air sudah dalam kondisi hangat namun tidak terlalu panas, mereka bisa dengan mudah menggunakan telapak tangannya.

Sebelumnya, sudah ada penelitian yang menyebutkan jika ibu hamil yang mandi dengan air yang terlalu panas bisa membuat detak jantungnya meningkat, memicu stress, hingga menurunkan aliran darah. Padahal, lancarnya aliran darah berpengaruh besar bagi perkembangan sel-sel pada janin.