Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

DokterSehat.Com – Ada kesepakatan umum bahwa wanita hamil dan wanita yang mencoba untuk hamil harus menghindari konsumsi kafein tapi setelah beberapa dekade kontroversi dan bukti yang bertentangan, masih ada konsensus (kesepakatan oleh para ahli) tentang berapa banyak kafein yang aman dikonsumsi selama kehamilan.



Para ahli menyarankan para wanita untuk membatasi asupan kafein mereka menjadi kurang dari 200 miligram per hari, yaitu sekitar 12-ons cangkir kopi.

Para peneliti ini menganalisis kandungan kafein dalam darah 2.197 ibu hamil yang turut serta dalam Collaborative Perinatal Project, yang dilakukan di berbagai tempat di Amerika dari tahun 1959-1974. Era ini dipilih karena pada masa itu masih banyak sekali ibu hamil yang mengonsumsi kopi karena belum adanya kekhawatiran mengenai kafein.

Para peneliti lalu menemukan, bahwa tidak ada pola konsisten antara konsumsi kafein dengan perkembangan dan tingkah laku anak nantinya.

Dilihat secara keseluruhan, kami menganggap hasil kami meyakinkan bagi para wanita hamil yang mengonsumsi kafein dalam jumlah terbatas, yaitu sekitar 1-2 cangkir per hari, tutup rekan penulis penelitian ini, Sarah Keim.

BACA JUGA : Minuman dengan pemanis gula dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada wanita