Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Udang? Simak Penjelasannya

Doktersehat - Udang
Photo Credit: Flickr.com/Bram van Rijen

DokterSehat.Com– Banyak mitos kehamilan yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa janin dapat mengalami gangguan apabila sang ibu mengonsumsi udang. Apakah mitos ini dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya?

Tentu, mitos ini adalah sesuatu yang tidak benar. Sejauh ini belum pernah ada penelitian yang mengatakan bahwa udang memiliki efek samping terhadap kehamilan kecuali reaksi alergi pada ibu hamil yang memang sudah merupakan penyakit bawaan sebelum proses kehamilan.

Udang justru merupakan makanan yang memiliki nutrisi baik bagi ibu hamil karena mengandung vitamin C, vitamin D, dan omega 3 yang tinggi yang penting untuk perkembangan otak janin. Selain itu, udang juga merupakan jenis makanan laut yang sangat rendah kadar merkurinya sehingga tidak berbahaya bila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Udang untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, makanan yang berasal dari laut terkenal sebagai makanan yang memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti, seng, zat besi, yodium, tembaga, serta selenium. Makanan laut jenis ini juga memiliki kandungan polyunsaturated asam lemak, omega 3, omega 6, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentanoic acid (EPA) yang semuanya berguna untuk ibu hamil dan janin.

Berikut ini adalah manfaat udang yang bisa didapatkan oleh ibu hamil, di antaranya:

  1. Mencegah anemia

Salah satu gangguan yang umumnya terjadi pada ibu hamil adalah anemia, suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mudah merasa lelah.

Kekurangan zat besi adalah penyebab utama anemia pada ibu hamil. Oleh karena itu, konsumsi udang adalah pilihan yang baik sebab udang mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan darah.

  1. Membantu pembentukan tulang

Kandungan vitamin D yang terdapat di dalam udang dipercaya membantu menguatkan tulang bayi ketika lahir. Terjaganya kondisi tulang bayi adalah sesuatu yang sangat penting untuk masa depannya. Selain udang, ibu hamil juga harus memperbanyak makanan lain yang banyak mengandung vitamin D.

  1. Menjaga kondisi jantung

Kandungan dari kolin yang ada di dalam udang selain berguna untuk meningkatkan kecerdasan juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain bermanfaat bagi ibu hamil, janin di dalam kandungan juga akan merasakan manfaatnya.

  1. Menjaga perkembangan otak janin

Otak janin merupakan penentu apakah ia kelak menjadi orang cerdas atau tidak. Dengan memakan udang yang mengandung EPA, DHA, dan kolin, hal itu dapat membantu otak untuk membentuk jembatan sinaps-sinaps yang beguna untuk membantu ingatan atau proses memori. Semakin banyak jembatan yang terbentuk, semakin tinggi pula kecerdasan anak tersebut.

  1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C serta beberapa protein dan mineral yang terdapat didalam udang dapat membantu meningkatkan sistem imun ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain aman karena tidak pernah adanya laporan efek samping udang pada ibu hamil, udang juga merupakan salah satu makanan laut yang tidak memiliki kandungan merkuri. Merkuri merupakan salah satu pantangan makanan ibu hamil karena dapat memberikan efek buruk terhadap perkembangan janin selama masa kehamilan.

Meskipun udang memiliki kandungan yang baik di dalamnya, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi udang. Ibu hamil tetap harus memperhatikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Batas aman untuk konsumsi udang tidak melebihi 300 miligram per minggu.

Penting pula untuk memastikan bahwa udang yang dikonsumsi masih dalam kondisi segar untuk memastikan ibu hamil terhindar dari infeksi bakteri maupun parasit.