Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Susu Biasa?

DokterSehat.Com – Salah satu asupan yang sebaiknya dipenuhi oleh ibu hamil adalah susu. Dengan adanya susu, maka berbagai nutrisi baik bisa mereka dapatkan demi memastikan perkembangan dan kesehatan janin tetap terjaga. Sayangnya, tidak semua wanita suka dengan susu yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil. Sebagian diantaranya mengaku susu ini kurang enak untuk dikonsumsi atau bahkan bisa membuat mereka sedikit mual. Demi mengakalinya, ibu hamil pun mengkonsumsi susu biasa. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika ibu mengkonsumsi susu biasa?

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu kedelai atau susu UHT ternyata sebaiknya tidak sering-sering dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk susu UHT whole milk misalnya, susu ini ternyata memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatan. Memang, susu UHT masih boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, namun, pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi susu rendah lemak dan merekomendasikan susu hamil meskipun hanya mengkonsumsinya sesekali demi mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi saat hamil.

Di dalam susu khusus ibu hamil, kita bisa menemukan kandungan lemak dan kolesterol yang cenderung jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan susu biasa. Selain itu, kandungan gizi dari susu hamil memang cenderung sudah diformulasikan secara khusus demi mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Tak hanya itu, susu hamil sudah dilengkapi dengan kandungan asam folat, DHA, dan AA. Berbagai kandungan ini disebut-sebut mampu menjaga perkembangan saraf janin dan mencegah bayi terlahir dengan kondisi cacat yang disebut neural tube defect.

Selain kandungan ini, susu hamil juga kaya akan zat besi, vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi baik lainnya yang bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan janinnya sekaligus mendukung perkembangan janin dengan maksimal. Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil tetap mengkonsumsi susu yang khusus diperuntukkan bagi mereka.