Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas?

DokterSehat.Com – Salah satu hal unik yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kecenderungan untuk ingin memakan beberapa makanan tertentu yang sangat Ia inginkan. Dalam budaya masyarakat tanah air, hal ini disebut sebagai ngidam dan seringkali keinginan ibu hamil harusnya dituruti agar bayi tidak terlahir dengan kondisi yang tidak diinginkan. Masalah pun muncul mengingat ibu hamil tentu memiliki beberapa pantangan dalam hal makanan yang dikonsumsi agar menjaga kesehatan kehamilannya. Salah satunya adalah apakah boleh jika ibu hamil sangat menginginkan makanan pedas?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil ternyata masih boleh mengkonsumsi makanan pedas, namun, harus diingat jika level pedas maupun jumlah makanan yang pedas ini sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Menurut pakar kesehatan, tidak ada kaitan sama sekali antara konsumsi makanan pedas dengan perkembangan fisik dan kecerdasan janin di dalam kandungan. Hanya saja, harap diingat bahwa makanan yang pedas ternyata memiliki kecenderungan bisa menyebabkan masalah morning sickness, dimana ibu hamil bisa saja mengalami mual-mual berlebihan, muntah-muntah, hingga sakit pada perutnya. Jadi, meskipun diperbolehkan, ibu hamil sebaiknya hanya mengkonsumsinya sesekali saja dan tetap memperhatikan konsumsi harian dengan gizi seimbang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan sang ibu dan perkembangan janin.

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas dalam bentuk camilan layaknya keripik pedas yang tentu akan membuat frekuensi makan makanan pedas bisa sangat sering terjadi. Andai ibu hamil sangat menginginkan makanan pedas, ada baiknya makanan ini dikonsumsi sebagai makanan utama dan dikonsumsi di malam hari sehingga di pagi hari ibu bisa merasakan mulas namun bisa segera dikeluarkan lewat buang air besar.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Gigitan Ular

Andai anda merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan pedas, anda bisa menetralisir saluran pencernaan anda dengan mengkonsumsi susu yang dapat membuat asam lambung menjadi lebih stabil.