Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Kosmetik?

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu tetap ingin memiliki penampilan yang cantik dan menawan. Namun, banyak dari mereka yang khawatir jika peralatan kosmetik yang mereka gunakan nantinya bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan janin. Sebenarnya, apakah ibu hamil boleh menggunakan kosmetik?

doktersehat-wanita-hamil-musik-agar-bayi-pintar

Pakar kesehatan menyebutkan jika sebenarnya ibu hamil boleh-boleh saja menggunakan peralatan kecantikan. Hanya saja, Ia tidak boleh menggunakannya secara sembarangan. Ada beberapa peralatan kosmetik wanita yang ternyata memiliki kandungan yang bisa membahayakan kehamilan seperti sebagai berikut.

Beberapa jenis produk perawatan rambut
Beberapa bahan kimia yang dipakai untuk mewarnai, mengeritingkan, atau merebonding rambut ternyata sebaiknya tidak digunakan terlebih dahulu oleh ibu hamil. Dikhawatirkan, bahan kimia pada produk perawatan rambut tersebut bisa memasuki pori-pori kepala, masuk ke aliran darah dan akhirnya membuat perkembangan janin terganggu. Produk krim penghilang bulu juga sebaiknya tidak digunakan terlebih dahulu oleh ibu hamil karena bisa menimbulkan masalah yang sama.

Obat jerawat
Beberapa jenis obat jerawat yang mengandung retinol A ternyata bisa berpengaruh buruk bagi perkembangan bayi. Tak hanya itu, adanya kandungan benzoil peroksida pada obat jerawat juga bisa meningkatkan resiko bayi terlahir dengan kondisi cacat atau mati di dalam kandungan. Tak hanya itu, beberapa produk obat jerawat yang memiliki kandungan hidrokortison dan salicylic acid juga sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan komplikasi kehamilan.

Beberapa produk perawatan kulit
Tabir surya yang memiliki kandungan avobenzone dan juga oksibenzon ternyata sebaiknya dihindari terlebih dahulu oleh ibu hamil. Tak hanya itu, kandungan asam salisilat pada produk pembersih kulit jika terpapar cukup sering pada ibu hamil juga bisa meningkatkan resiko bayi yang terlahir cacat. Kandungan bahan pengawet yang disebut sebagai parabens pada sebagian produk perawatan kulit juga bisa mengganggu sistem reproduksi bayi laki-laki.

Baca Juga:  Apakah Munculnya Flek dan Pendarahan Saat Hamil Muda Berbahaya?

Cat kuku
Cat kuku ternyata mengandung phathalates yang bisa menyebabkan gangguan sistem reproduksi pada bayi. Tak hanya itu, bahan lain dari cat kuku layaknya basecoat, top coat, hingga aseton bisa membuat bayi terlahir cacat atau meninggal di dalam kandungan.