Bolehkah Ibu Hamil Makan Yoghurt?

DokterSehat.Com – Yoghurt dikenal luas sebagai makanan yang sehat bagi saluran pencernaan dan juga jantung. Banyak pula kaum hawa yang mengkonsumsi makanan ini karena bisa membantu mereka mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Hanya saja, saat hamil, banyak wanita yang memilih untuk tak lagi mengkonsumsinya karena takut jika makanan ini berbahaya bagi kandungan. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan yoghurt?

doktersehat-almond-yoghurt

Pakar kesehatan menyebutkan jika yoghurt ternyata cukup aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Yoghurt dan produk turunan susu lainnya layaknya susu cair atau keju biasanya melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu sehingga bisa dipastikan berbagai bakteri berbahaya sudah terbunuh dalam proses tersebut. Alhasil, ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya karena yang tersisa dari yoghurt adalah berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Hanya saja, ibu hamil harus benar-benar teliti dalam memilih yoghurt. Ada sebagian produk yoghurt di pasaran yang ternyata tidak melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu yang berarti masih ada kemungkinan produk tersebut memiliki bakteri yang kurang aman bagi kesehatan janin di dalam kandungan. Karena alasan inilah ibu hamil harus benar-benar teliti dalam membaca label yoghurt.

Sebenarnya apa sajakah manfaat yoghurt bagi ibu hamil? Pakar kesehatan menyebutkan jika yoghurt bisa dijadikan camilan yang sehat dan rendah lemak bagi ibu hamil yang ingin menjaga berat badannya tidak naik secara berlebihan. Di dalam yoghurt sendiri ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalsium yang akan membantu perkembangan tulang janin. Selain itu, bakteri sehat pada yoghurt akan membuat sistem pencernaan ibu hamil bisa menyerap berbagai nutrisi dari makanan dengan maksimal.

Tak hanya harus memilih yoghurt yang melalui proses pasteurisasi saja, ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi yoghurt lebih dari 200 gram setiap harinya demi menjaga kesehatan kehamilannya.