Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Nangka? Cek Penjelasannya

Doktersehat - Nangka
Photo Credit: Flickr.com/ongspxm

DokterSehat.Com– Seperti halnya durian dan nanas, nangka adalah buah yang memiliki banyak mitos. Banyak ibu hamil yang menghindari untuk mengonsumsinya karena cerita yang beredar di masyarakat menyatakan bahwa nangka bisa menganggu perkembangan janin. Apakah hal ini benar adanya?

Pada dasarnya, nangka mengandung asam folat, vitamin A, C, niasin, riboflavin, tiamin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, seng, fosfor, vitamin dan mineral. Nangka juga memiliki kadar sodium, kolesterol dan lemak jenuh yang rendah. Dengan beberapa kandungan nutrisi tersebut, apakah hal ini dapat mengancam kesehatan janin?

Hingga kini belum terdapat penelitian yang menyatakan bahwa buah nangka berbahaya untuk ibu hamil. Anggapan nangka yang bisa membuat perut panas sebenarnya disebabkan karena nangka adalah buah yang bergas tinggi.

Konsumsi nangka dalam jumlah besar atau pada orang yang memiliki riwayat sakit maag bisa menyebabkan perut kembung, peningkatan asam lambung, atau kambuhnya penyakit maag. Wanita hamil cenderung lebih mudah mengalami peningkatan asam lambung.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membatasi makanan yang bisa meningkatkan asam lambung termasuk nangka. Meski begitu, Anda boleh saja mengonsumsi buah nangka saat hamil asalkan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Apabila setelah mengonsumsi nangka Anda justru mengalami keluhan perut kembung, perih, nyeri ulu hati, mual, atau keluhan lainnya, segera konsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Buah nangka merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, namun dengan catatan bahwa ibu hamil tidak boleh berlebihan. Sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan efek yang tidak baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat nangka yang bisa diperoleh oleh ibu hamil, antara lain:

  • Kandungan serat tinggi yang dimiliki oleh buah nangka sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Mengonsumsi serat yang cukup dan dibarengi makanan lain secara seimbang akan menghindarkan ibu hamil dari masalah sembelit
  • Kandungan isovlafon pada nangka mampu menangkal radikal bebas yang dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan kanker.
  • Kandungan kaya mineral dimiliki oleh nangka seperti magnesium akan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh ibu hamil.
  • Buah nangka memiliki kandungan kalium yang sangat bagus untuk menjaga tekanan darah tinggi pada ibu hamil tetap stabil dan membantu menjaga ksehatan jantung saat masa kehamilan.
  • Nangka juga dapat mengendalikan hormon dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Vitamin yang terkandung dalam buah nangka seperti Vitamin A, B1, dan C memiliki peran sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Konsumsi buah nangka secara rutin dan cukup dapat membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besi membantu meningkatkan oksigen dan kadar sel darah merah dalam darah.
  • Mengonsumsi buah nangka secara rutin dan cukup dapat membantu menjaga fungsi mata baik pada ibu maupun juga pada janin didalam kandungannya.

Mitos mengenai buah-buahan tertentu yang bisa menimbulkan masalah pada janin hingga menyebabkan keguguran, merupakan sesuatu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan karena belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut.

Pada dasarnya, buah-buahan merupakan bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah-buahan sangat bermanfaat bagi semua orang, baik yang sedang hamil maupun yang tidak hamil. Selain nangka, beberapa buah yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil di antaranya: berry, apel, jambu, mangga, nanas hingga anggur.