Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

DokterSehat.Com– Mie instan ternyata masih menjadi salah satu makanan yang difavoritkan masyarakat tanah air meskipun kerap dianggap sebagai makanan yang kurang sehat. Hampir semua orang dari berbagai kalangan, usia, dan jenis kelamin menyukainya. Sayangnya, cukup banyak ibu hamil yang ternyata juga sangat ingin mengkonsumsi atau ngidam dengan mie instan ini. Apakah tidak apa-apa jika ibu hamil makan mie instan?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat-mie

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam sebungkus mie instan, kita bisa menemukan 350 kalori. Meskipun kaya akan kalori yang bisa menjadi sumber energi, kandungan gizi di dalam mie instan sangatlah sedikit. Padahal, ibu hamil sangat membutuhkan berbagai macam nutrisi yang akan membantu menjaga kesehatan tubuhnya sekaligus mendukung perkembangan janin di dalam kandungan.

Ibu hamil sendiri membutuhkan 2.000 hingga 2.200 kalori setiap harinya. Selain itu, mereka juga membutuhkan asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan lemak agar bisa mendukung perkembangan dan kesehatan kehamilan. Mie instan tidak akan mampu menyedaiakan nutrisi-nutrisi tersebut.

Tak hanya miskin gizi, sebungkus mie instan ternyata cenderung kaya akan kandungan garam. Hal ini berarti, jika ibu hamil mengkonsumsi mie instan terlalu sering, bisa jadi Ia akan meningkatkan resiko terkena masalah tekanan darah tinggi. Yang menjadi masalah adalah, tekanan darah tinggi bisa berlanjut menjadi komplikasi bernama preeclampsia, kondisi yang sangat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Hingga saat ini, masih banyak kasus kematian ibu yang baru saja melahirkan yang disebabkan oleh masalah preeclampsia ini.

Meskipun kita menyajikan mie instan dengan bahan makanan yang sehat seperti telur, daging, sayuran, dan lain sebagainya, adanya kandungan garam, bahan pengawet, atau bahan pewarna pada telur tentu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil tidak mengkonsumsi mie instan.