Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

DokterSehat.Com– Mie instan masih menjadi salah satu makanan yang disukai oleh semua orang. Tak hanya praktis dan murah, mie instan juga memiliki rasa yang nikmat. Sebagian ibu hamil bahkan sampai ngidam makan mie instan karena biasanya saat hamil dilarang untuk mengkonsumsinya. Sebenarnya, boleh tidak sih ibu hamil makan mie instan?

doktersehat-mie-bakmi-makan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam sebungkus mie instan, kita bisa mendapatkan 350 kalori namun sangat miskin dengan nutrisi menyehatkan. Hal ini berarti, jika ibu hamil mengkonsumsi mie instan, Ia hanya akan merasa kenyang namun tidak akan mendapatkan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungannya. Sebenarnya, ibu hamil memang memerlukan 2.000 sampai 2.200 kalori setiap hari demi mendukung perkembangan buah hatinya, namun, Ia juga membutuhkan asupan lain layaknya karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin, dan mineral. Berbagai nutrisi sehat ini sama sekali tidak bisa didapatkan dari mie instan.

Tak hanya miskin nutrisi, mie instan juga tinggi kandungan garam. Jika ibu hamil kerap mengkonsumsinya, maka resiko untuk terkena tekanan darah tinggi tentu akan meningkat. Padahal, salah satu penyakit kehamilan yang sangat ditakuti oleh ibu hamil adalah preeklampsia yang ditandai dengan meningkatkan tekanan darah pada tubuh ibu dan adanya kandungan protein pada urine yang dikeluarkan saat buang air kecil. Tak hanya bisa memicu masalah persalinan, preeklampsia juga bisa memicu kematian ibu.

Kandungan lain yang sangat tidak sehat dari mie instan bagi ibu hamil adalah bahan kimia seperti pewarna atau pengawet yang bisa mengancam kesehatan ibu dan janinnya. Hal ini berarti, meskipun kita menambahkan bahan makanan bergizi seperti telur, daging, sayur, dan lain sebagainya pada mie instan, tetap saja makanan ini kurang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga:  Berbahayakah Jika Kita Makan Mie Instan Tanpa Diseduh Seperti Makan Kerupuk?

Ada baiknya memang ibu hamil tidak mengkonsumsi mie instan dan memilih untuk mengkonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat dan aman.