Bolehkah Fast Food Dikonsumsi Ibu Hamil?

DokterSehat.com – Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa fast food tidak baik bagi kesehatan. Namun, hal ini seolah-olah tak menjadi masalah bagi penggemar makanan cepat saji ini. Rendahnya kandungan gizi pada fast food sering menimbulkan anggapan bahwa makanan ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Benarkah demikian?



Sebenarnya ibu hamil boleh saja mengonsumsi fast food asal jangan terlalu sering. Tak jarang saat hamil, ibu ingin sesekali mengonsumsi makanan cepat saji. Namun, perlu diingat bahwa kandungan gizi dalam fast food amat rendah sehingga dikhawatirkan kebutuhan gizi ibu dan janin tidak tercukupi bila makanan ini terlalu sering dikonsumsi.

Selain kadar gizinya rendah, fast food juga mengandung lemak yang tinggi, kadar garam dan gulanya juga tinggi. Konsumsi fast food yang tidak terkontrol akan mengganggu kesehatan tubuh. Orang yang tidak sedang hamil pun akan menerima dampak negatif jika mengonsumsi fast food berlebihan, apalagi bila ibu hamil yang mengonsumsi tidak terkontrol.

Bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi fast food sesekali sebaiknya pilih jenis makanan yang akan Anda konsumsi untuk meminimalisisr efek jelek yang dihasilkan oleh makanan cepat saji ini.

Bila Anda ingin mengonsumsi ayam goreng sebaiknya pilih ayam yang original. Hindari mengonsumsi ayam goreng jenis crispy, pilih yang tidak berkulit, dan jangan konsumsi ayam yang sudah diolah menjadi nugget.

Jika ingin mengonsumsi Sandwich, pilihlah sandwich yang reguler saja, kurangi olesannya, dan pilih yang rendah lemak.

Dalam memilih burger pilihlah yang isinya berupa ikan dan ayam, jangan pilih yang porsinya jumbo. Usahakan ada sayuran atau salad di dalamnya.

Untuk memilih pizza, usahakan jangan pilih yang terlalu banyak sosisnya, terdapat ekstra keju di dalamnya, dan mengandung pepperoni. Sementara untuk minumannya hindari cola, soft drink atau shake, sebaiknya pilih air putih saja.

Baca Juga:  Pria Bisa Tetap Bugar Meskipun Sudah Berusia Senja

Sebenarnya fast food tak hanya berupa burger, pizza, atau makanan yang berasal dari luar saja. Ibu hamil juga bisa membuat makanan fast food sendiri dengan bahan yang aman dan tinggi gizi di rumah, misalnya salad. Salad juga termasuk fast food yang baik untuk dikonsumsi. Olahlah salad ke dalam beberapa bentuk sajian makanan.

Buah-buahan atau wortel bisa dijadikan sebagai fast food ketika ibu hamil merasa sangat lapar, sebelum makanan mendapatkan makanan utama. Yoghurt cukup baik bila dikonsumsi ibu karena banyak mengandung protein dan kalsium. Jadi, ketika ibu hamil membutuhkan konsumsi yang segera, sebetulnya tidak usah berpikir ke makanan fast food tadi, alternatif makanan yang telah disebutkan terakhir justru lebih baik kualitasnya.