Bolehkah Berolahraga Saat Sakit?

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah dengan rutin berolahraga. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul. Bolehkah kita berolahraga saat tubuh sedang sakit?

doktersehat-olahraga-lari-sehat

Dilansir dari laman kesehatan Everyday Health, pakar kesehatan menyebutkan bahwa olahraga mampu membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat yang tentu akan membuat tubuh lebih baik dalam melawan penyakit. Hal ini berarti, berolahraga sebenarnya masih boleh dilakukan. Namun, kita juga tidak boleh sembarangan melakukannya karena jika kita terkena beberapa jenis penyakit tertentu, ada baiknya kita memperbanyak waktu beristirahat agar lebih cepat sembuh.

Jika kita hanya terkena penyakit seperti flu, hidung tersumbat, gangguan pendengaran, sakit tenggorokan, atau sinus, maka kita masih bisa tetap berolahraga seperti biasa. Namun, jika kita terkena penyakit seperti demam, batuk, sesak nafas, diare, muntah-muntah, atau nyeri pada otot, ada baiknya kita mengistirahatkan tubuh dan tidak berolahraga terlebih dahulu.

Jika anda disarankan untuk beristirahat saat jatuh sakit namun ingin mendapatkan sensasi enakan karena tubuh mengeluarkan keringat, anda bisa menurunkan intensitas olahraga atau melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki saja. Selain itu, yoga juga bisa dijadikan alternatif. Dengan melakukan olahraga yang ringan ini, maka saluran pernafasan akan menjadi lebih lancar dan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Hanya saja, jika memang tubuh sebenarnya sudah sangat lemas dan sangat membutuhkan istirahat, ada baiknya tidak memaksakan diri untuk berolahraga.