Bolehkah Anak Minum Susu Kental Manis Setiap Hari?

DokterSehat.Com – Setiap orang tua tentu akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat anaknya mendapatkan asupan gizi setiap hari. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memastikan mereka mengkonsumsi susu secara rutin. Hanya saja, sebagian masyarakat tanah air memilih untuk memberikan susu kental manis pada anaknya. Alasan dari pemilihan susu ini adalah harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak. Bahkan, iklan dari susu kental manis ini juga mengklaim produknya memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan. Apakah hal ini benar adanya?



Pakar kesehatan gizi Winda Ekayanti, MND, APD membantah klaim yang menyebutkan bahwa susu kental manis memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi anak setiap hari. Menurut beliau, nutrisi di dalam susu kental manis sangatlah berbeda dari yang ditemukan pada susu sapi segar. Bahkan, susu kental manis memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, apalagi jika susu ini juga memiliki kandungan creamer.

Menurut beliau, susu kental manis ternyata tidak bisa digolongkan sebagai susu dan sangat tidak direkomendasikan untuk diminum setiap hari, apalagi bagi anak. Jika kita memang ingin memberikan susu bagi anak, ada baiknya kita memberikan susu sapi segar, susu skim, atau susu low fat yang memiliki nutrisi yang lebih baik.

Jika anak mengkonsumsi susu kental manis setiap hari, maka mereka akan mengkonsumsi kandungan gula yang sangat tinggi. Hal ini akan membuat anak lebih beresiko terkena masalah obesitas atau diabetes. Tak hanya itu, karena nutrisi dari susu kental manis ini tidak sebaik susu segar, anak juga tidak akan mendapatkan asupan kalsium dengan cukup sehingga pertumbuhan tubuhnya tidak benar-benar didukung dengan baik.

Selain kandungan gula, Winda juga menyebutkan adanya kandungan pengawet atau lemak jenuh yang tentu kurang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang anak tidak mengkonsumsi susu kental manis.