Boleh Saja Mencampur Sayur dan Buah dalam MPASI, Tapi…

makanan-untuk-tumbuh-kembang-bayi-doktersehat

DokterSehat.Com– Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah saatnya makan makanan padat nih Bun. Bunda pasti sudah menyiapkan menu MPASI yang akan diberikan pada anak. Salah satu pertanyaan yang kadang muncul adalah bolehkah mencampur buah dan sayur pada MPASI?

Aturan memberi MPASI pertama pada anak

Anak pada usia 6 bulan sudah boleh makan makanan padat setelah menunjukkan tanda siap untuk menerima makanan. Beberapa tanda anak siap makan antara lain sudah mampu duduk dengan baik dalam waktu lama, dan mampu memindahkan makanan dari depan ke belakang dengan lidahnya.

Saat pertama kali memberi MPASI, tujuan memberi makan adalah untuk mengenalkan anak pada berbagai jenis makanan selain ASI yang jadi makanan utama anak selama ini. Pada seminggu pertama, ASI masih jadi makanan utama anak sehingga porsi memberikan MPASI tidak perlu terlalu banyak.

Jika anak Anda sudah mau makan MPASI, maka sebaiknya tunggu hingga 3 hari sebelum mengenalkan makanan baru padanya. Hal ini untuk mengetahui apakah anak akan memiliki alergi pada makanan tersebut.

Banyak pendapat yang menyarankan memberi buah pertama kali untuk MPASI perdana anak. Anak-anak juga akan lebih menyukai buah daripada sayur karena buah memiliki rasa yang manis alami sedangkan sayur cenderung sangir, hambar atau langu. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memberikan sayur sebagai MPASI perdana untuk anak Anda.

Beberapa sayur yang bisa Anda berikan untuk MPASI perdana anak antara lain wortel, ubi, kentang, labu, zucchini, bayam dan buncis. Anda bisa merebus atau mengukus sayuran tersebut sebelum diolah menjadi puree.

Bolehkah mencampur buah dan sayur pada MPASI anak?

Untuk menghilangkan rasa hambar pada sayur, banyak resep yang menyarankan untuk mencampur puree sayur dengan buah. Hal ini sebenarnya boleh-boleh saja, namun sebaiknya berikan bukan saat pertama kali anak mengenal MPASI. Pada tahapan awal MPASI, Anda bisa mencampurkannya dengan ASI perah untuk memberi rasa yang familiar bagi anak.

Selain itu pada tahap awal MPASI, Anda disarankan untuk memperkenalkan satu jenis makanan saja selama beberapa hari sebagai bentuk adaptasi rasa dan pencernaan. Dengan mengonsumsi satu jenis bahan saja pada MPASI, anak akan belajar mengenal rasa dan orang tua bisa mendeteksi apakah anak mengalami reaksi tertentu seperti alergi atau sembelit.

Ketika menginjak 8 bulan, anak sudah bisa mengonsumsi beberapa bahan makanan MPASI sehingga Anda bisa mencampur buah dan sayur sesuai kebutuhan. Berikan variasi bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Buah dan sayur bisa Anda campur ketika anak suda