Seluruh Bocah yang Terperangkap di Gua Thailand Berhasil Diselamatkan

terjebak_gua_thailand_doktersehat_1
Photo Source: People.com

DokterSehat.Com– Dua belas anak dan 1 pelatih yang terjebak di dalam gua Thailand telah berhasil dikeluarkan. Kabar ini dipastikan oleh Angkatan Laut Negeri Gajah Putih tersebut.

Dilansir dari BBC, operasi penyelamatan yang sangat berbahaya dan menegangkan ini berakhir pada Selasa, 10 Juli 2018. Dalam operasi terakhir, lima orang berhasil diselamatkan oleh total 19 penyelam yang masuk ke dalam gua tersebut.

Anak-anak dan pelatihnya ini terjebak di dalam gua sejak 23 Juni 2018 lalu karena hujan lebat yang memicu banjir di dalam gua. Sempat tidak ada kabar dan dinyatakan menghilang, secara luar biasa mereka ditemukan dalam keadaan hidup dan kondisi mental yang baik sembilan hari kemudian. Karena operasi penyelamatan membutuhkan perhitungan yang sedetail mungkin, prosesnya pun baru bisa dimulai pada Minggu 8 Juli 2018 lalu.

Awalnya, delapan anak berhasil dikeluarkan pada operasi yang dilakukan pada Minggu dan Senin. Seluruh anak ini langsung dilarikan ke rumah sakit di kawasan Chiang Rai dalam kondisi sehat secara fisik dan mental.

Hanya saja, mereka tetap harus mendapatkan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit karena diduga mengalami infeksi paru-paru akibat menghirup oksigen dengan kadar yang rendah dan kelembapan yang sangat tinggi di dalam gua.

Seluruh anak-anak ini juga akan mendapatkan pemeriksaan sinar X dan pengecekan darah. Mereka juga akan terus dipantau kondisinya selama 7 hari di rumah sakit yang berarti mereka tidak akan memenuhi undangan presiden FIFA untuk menonton secara langsung final Piala Dunia 2018 yang akan diadakan pada Minggu 15 Juli 2018 nanti.

Meskipun melegakan banyak orang karena berhasil menyelamatkan seluruh anak dan pelatihnya, Thailand juga berduka karena salah satu penyelam meninggal dunia akibat kehabisan oksigen saat mengantarkan suplai tabung udara. Hal ini menunjukkan betapa sulit dan berbahayanya proses penyelamatan ini.