Bocah Berusia 3 Tahun Ini Salah Satu Kakinya Membesar Hingga Empat Kali Lipat

DokterSehat.Com – Seorang bocah berusia 3 tahun bernama Akshaj Khandelwal yang berasal dari Delhi, India, mengalami nasib yang cukup menyedihkan. Bagaimana tidak, Ia mengalami kelainan genetic yang sangat langka yang disebut sebagai Klippel-Trenaunay Syndrome (KTS) yang membuat salah satu kakinya membesar hingga ukuran empat kali lipat dari biasanya. Selain ukuran kakinya yang membesar, Ia juga kesulitan untuk berjalan dengan normal sebagaimana anak pada umumnya.

doktersehat-klippel-trenaunay-syndrome

Penyakit KTS yang menimpa Akshaj termasuk sangat langka di dunia dimana hanya akan menyerang satu dari 100 ribu orang. Akshaj bahkan kerap mengalami pendarah pada kakinya andai Ia mencoba untuk berjalan beberapa langkah sehingga mau tidak mau Ia harus dibantu oleh orang tua andai harus pergi ke sekolah. Yang membuat pilu adalah, orang-orang di sekitar tempat tinggalnya menjaga jarak dari dirinya karena takut tertular penyakit yang aneh ini. Beruntung, alih-alih bersedih akan kondisi kakinya, Akshaj justru berpikir jika apa yang terjadi pada kakinya adalah pemberian dewa dan Ia bahkan merasa dirinya spesial karena memilikinya.

KTS sendiri bisa dijelaskan sebagai kondisi genetik yang sangat langka dan mempengaruhi pembuluh darah, jaringan lunak, hingga tulang-tulang. Ada tiga dampak kesehatan yang bisa terjadi dari penyakit ini, yakni pembengkakan luar biasa, pertumbuhan yang abnormal pada tulang, khususnya pada kaki dan pembuluh darah. Sayangnya, KTS masih belum bisa disembuhkan dan bisa memicu komplikasi yang sangat membahayakan nyawa.

Orang tuanya sebenarnya sudah putus asa dengan kondisi Akshaj mengingat sudah berkali-kali mereka mendatangi rumah sakit di New Delhi namun tidak mendapatkan pengobatan apapun. Dr. Krishan Chugh, kepala bagian pediatrik dari rumah sakit tersebut menyebutkan jika KTS yang terjadi pada Akshaj membuat adanya malformasi pada pembuluh darah dan membuatnya mudah untuk berdarah. Pemeriksaan pada tubuh Akshaj sudah dilakukan dan menunjukkan jika pembuluh darah pada ususnya sangat tidak normal dan lebih besar dari biasanya. Orang tuanya pun sudah pasrah melihat ukuran kaki sang anak yang diyakini akan terus-menerus membesar hari demi hari dan hingga kini, semua doctor di Delhi belum tahu bagaimana cara memberikan pengobatan bagi sang bocah tidak beruntung ini.

Baca Juga:  Serba Serbi Asam Urat

Photo Source: Haziq Qadri/ Barcroft Images