Bob Hasan Ternyata Sudah 60 Tahun Tak Pernah Makan Nasi

DokterSehat.Com – Muhammad Hasan atau yang selama ini kita kenal sebagai Bob Hasan adalah salah satu tokoh senior yang sudah malang melintang dalam dunia perpolitikan tanah air. Kini, tokoh yang pada 24 Februari lalu genap berusia 86 tahun ini masih dalam kondisi yang sehat dan bugar. Beliau bahkan masih menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Pengurus Atletik Seluruh Indonesia atau PB PASI. Sebenarnya, apa kunci dari tubuhnya yang selalu sehat dan bugar di usia senja seperti ini?

doktersehat-bob-hasan

Menurut Bob, kunci dari kondisinya yang selalu sehat dan bugar adalah selama ini Ia sudah tak pernah lagi makan nasi. Beliau bahkan mengaku jika Ia sudah menghindari makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia ini semenjak 60 tahun terakhir. Memang, Ia tidak sepenuhnya menghindari nasi karena kadangkala Bob juga masih menikmati nasi goreng. Namun, konsumsi nasi ini juga paling banyak hanya sekali dalam satu bulan.

Bob Hasan menyebutkan jika Ia memiliki beberapa cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat hingga usia lanjut. Salah satu cara tersebut adalah selalu menjaga asupan makanan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Selain itu, tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian saat Kabinet Pembangunan VI jaman Presiden Soeharto dulu juga menekankan pentingnya selalu berolahraga secara rutin demi kesehatan tubuhnya.

Penggemar cokelat dan juga es krim ini mengaku jika hingga kini beliau rajin berenang setiap hari. Bob bisa melakukan olahraga air ini di pagi hari atau usai melakukan olahraga lainnya, yakni golf. Dalam sehari, Ia bisa menghabiskan waktu satu jam untuk menikmati olahraga yang membuat tubuh segar ini.

Tak hanya berenang, Bob Hasan dikenal sebagai penggemar senam yang menurutnya sangat baik bagi kesehatan persendiannya. Karena kondisinya yang selalu bugar ini, Bob pun tetap dipercaya sebagai ketua umum tertua yang memimpin organisasi olahraga di Indonesia.