Blepharitis Pada Kelopak Mata Bisa Disebabkan Oleh Make-up

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit mata yang mengintai manusia modern adalah blepharitis atau radang kelopak mata. Biasanya, penderita blepharitis adalah mereka yang terlalu sering menatap layar komputer atau menggunakan gadget. Seorang penderita blepharitis akan mengalami penurunan kualitas penglihatan yang tentu akan sangat mengganggu. Selain disebabkan oleh penggunaan peralatan gadget modern, pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang suka menggunakan make-up untuk area mata layaknya maskara atau eye liner ternyata juga memiliki resiko yang sama terkena blepharitis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tetes-mata

Pakar kesehatan mata dari India, Anurag Wahi, mengungkapkan jika banyak wanita yang menggunakan maskara atau eye liner yang tidak berkualitas baik dan cenderung memilih harga yang murah namun memberikan hasil yang cantik. Padahal, banyak produk maskara atau eye liner ini ternyata kurang sehat dan berpotensi menyebabkan blepharitis. Selain itu, sebagian wanita juga tidak menyadari jika produk maskara atau eye liner yang mereka pakai ternyata sudah kadaluwarsa sehingga banyak bakteri dan jamur yang berkembang pesat pada area mata dan menyebabkan infeksi.

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan bakteri atau jamur pada area mata, khususnya pada kelopak mata, maka dikhawatirkan akan terjadi gangguan fungsi kelenjar sebasea yang berada pada area dasar folikel dari bulu mata. Gangguan ini akan menyebabkan tersumbatnya kelenjar minyak yang berukuran kecil dan terletak pada pangkal bulu mata. Jika hal ini terjadi, maka mata pun akan beresiko mengalami iritasi yang menyebabkan mata kemerahan dan juga kelopak mata yang membengkak.

Melihat adanya fakta ini, kini para wanita sebaiknya mulai memperhatikan produk make up nya, khususnya yang berupa maskara atau eye-liner dengan lebih baik. Cobalah memilih produk make up yang berkualitas dan ingatlah bahwa maskara dan eye liner ternyata memiliki batas waktu penggunaan yang pendek sehingga ada baiknya kita segera menghentikan penggunaannya jika sudah melampaui batas kadaluwarsa.