Bisul Pemakan Daging Menghebohkan Australia

ABC News

DokterSehat.Com– Remaja 12 tahun bernama Gus Charles dari Australia harus menjalani operasi karena terkena bisul buruli, bisul yang memakan daging. Gus mendapatkan bisul ini setelah berkunjung ke kawasan Mornington, Victoria, Australia. Keberadaan bisul ini langsung menghebohkan pakar kesehatan di negara tersebut.

Photo Source: ABC News

Dilansir dari ABC News, gara-gara bisul ini, Gus tak bisa melakukan aktivitas seperti berlari atau berenang hingga 3 bulan lamanya. Menurut Profesor Daniel O’Brien, penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja. Awalnya, bisul ini akan muncul seperti luka kecil pada lengan atau kaki. Luka ini tak kunjung sembuh dan akhirnya berubah menjadi semakin besar dan memakan daging di sekitarnya.

Jika sampai bisul ini dibiarkan, maka kulit serta jaringan lunak di sekitarnya akan dimakan sehingga bisa memicu cacat dalam jangka panjang atau gangguan mobilitas.

Kasus ini ternyata tidak hanya menyerang Gus Charles. Di negara bagian Victoria saja, kasus bisul pemakan daging ini meningkat tajam dari yang hanya 182 kasus pada tahun 2016 lalu menjadi 236 kasus pada 2017.

Diduga, bisul yang mengerikan ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa bakteri mycobacterium ulcerans. Nyamuk ini sebelumnya juga menggigit sejenis tupai yang sudah terinfeksi bakteri tersebut. Yang menjadi masalah adalah, bakteri ini bisa ditemukan pada kawasan Mornington dan Belarrine, Victoria, dan Afrika Barat dan Tengah.

Meningkatnya kasus bisul pemakan daging ini membuat masyarakat Negeri Kanguru heboh, banyak orang yang khawatir akan menjadi korban berikutnya. Profesor O’Brien pun mendesak otoritas kesehatan setempat untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada kasus bisul ini karena dikhawatirkan bisa menyebar ke berbagai tempat.

Semoga masalah bisul ini tidak sampai muncul di Tanah Air ya?