Biskuit Ternyata Memang Bisa Memicu Kanker!

DokterSehat.Com – Biskuit adalah salah satu camilan yang disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Bagaimana tidak, camilan yang renyah ini memiliki rasa yang enak sehingga bisa menjadi kawan saat kita melakukan berbagai aktifitas. Sayangnya, banyak masyarakat yang percaya bahwa biskuit adalah salah satu makanan yang tidak sehat sehingga andai kita terlalu sering mengkonsumsinya, maka kita akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-cokelat-biskuit-cookies

Pakar kesehatan Vinay Bhardwaj yang berasal dari bidang Quantitative Health dari Grow-Fit berkata bahwa memang ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu penyakit kanker. Biasanya, makanan-makanan tersebut diolah dengan menggunakan minyak sayur yang memiliki kandungan lemak trans. Lemak trans atau yang juga disebut sebagai trans fat ini adalam sejenis lemak yang dibentuk dengan cara menambah kandungan hydrogen pada minyak sayur. Pada minyak yang kaya dengan lemak trans ini, kadar asam lemak omega 6 pun lebih terhidrogenasi sehingga membuat berbagai makanan yang diolah bersama minyak ini cenderung rentan terkena paparan karsinogenik yang bisa memicu kanker.

Sayangnya, cukup banyak camilan yang biasa kita konsumsi layaknya biskuit, donat, kentang goreng, dan berbagai kue lainnya yang ternyata mengandung lemak trans, apalagi jika diolah dengan minyak sayur yang memang mengandung lemak trans tersebut. Jika kita kerap mengkonsumsi camilan yang tidak sehat tersebut, maka dikhawatirkan kita tentu akan lebih mudah terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker, penyakit jantung, dan berbagai gangguan autoimun lainnya.

Alih-alih mengkonsumsi biskuit dan berbagai camilan tidak sehat lainnya yang bisa memicu penyakit berbahaya, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengkonsumsi camilan sehat layaknya buah-buahan andai kita merasa bosan atau lapar di sela-sela waktu makan besar.