Bisakah Peregangan Membantu Menurunkan Berat Badan?

doktersehat-yoga

DokterSehat.Com– Peregangan atau pemanasan adalah bentuk latihan yang melibatkan gerakan terkendali berbagai otot di tubuh Anda. Peregangan biasanya dilakukan sebagai aktivitas pemanasan, sebelum latihan berat lainnya seperti aerobik dan latihan kekuatan. Peregangan juga dianggap sebagai aktivitas pendinginan setelah berolahraga untuk mengendurkan otot-otot Anda.

Mengapa peregangan perlu dilakukan?

Peregangan biasanya dianjurkan sebelum berolahraga, karena membantu melonggarkan dan menghangatkan otot-otot Anda, sehingga mengurangi risiko tegang saat berolahraga. Apakah Anda berencana untuk mengangkat beban, berjalan-jalan, atau bersepeda, menyisihkan beberapa menit untuk peregangan efektif dalam meningkatkan fleksibilitas Anda untuk kegiatan yang Anda rencanakan, sehingga mencegah cedera.

Manfaat peregangan

Manfaat peregangan sebelum melakukan latihan berat, seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini:

  • Fleksibilitas tubuh yang lebih baik
  • Gerakan sendi yang lebih baik
  • Bantuan dari ketegangan otot
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Menyiapkan tubuh untuk berolahraga
  • Mendinginkan tubuh setelah berolahraga
  • Memperbaiki penyembuhan jika terjadi cedera otot
  • Menurunkan risiko cedera terkait olahraga

Apakah peregangan membantu menurunkan berat badan?

Peregangan melibatkan berbagai gerakan, tetapi membakar kalori yang relatif lebih sedikit. Peregangan biasanya tidak membantu menurunkan berat badan, tetapi membantu dalam mempersiapkan tubuh Anda untuk latihan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Berapa kalori yang dibakar selama peregangan?

Bahkan ketika Anda tidak aktif, tubuh Anda membakar kalori. Namun, ketika Anda melakukan aktivitas fisik, yang akan meningkatkan pembakaran kalori. Misalnya, seseorang yang memiliki berat 72 kilogram, saat melakukan peregangan selama 30 menit, akan membakar hanya 144 kalori. Ini terlalu rendah, dibandingkan dengan pembakaran kalori oleh orang yang sama melakukan aktivitas fisik selama 30 menit. Di sisi lain, jika orang tersebut melakukan aerobik tinggi, ia akan membakar 254 kalori, atau jika menggunakan pelatih elips, ia akan membakar 413 kalori.

Ini menunjukkan bahwa peregangan mungkin bukan cara yang efektif untuk membakar kalori ketika Anda bertujuanuntuk menurunankan berat badan.

Latihan terbaik untuk menurunkan berat badan

Jika peregangan tidak membantu menurunkan berat badan, lalu latihan apa yang terbaik yang membantu menurunkan berat badan? Solusinya adalah, jika Anda ingin menurunkan berat badan melalui latihan, pilih latihan aerobik atau latihan kekuatan. Latihan-latihan seperti itu membantu dalam meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan aktivitas otot, memaksa tubuh Anda untuk membakar kalori. Jika Anda secara khusus mencari manfaat penurunan berat badan, Anda harus memilih aktivitas aerobik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat atau berenang selama minimal 3 jam per minggu.

Pilihan lain adalah melakukan aktivitas aerobik berintensitas tinggi seperti joging atau berlari selama satu setengah jam per minggu. Untuk manfaat tambahan dari penurunan berat badan, gabungkan dengan latihan kekuatan seperti angkat beban setidaknya dua kali seminggu.

Latihan aerobik seperti bersepeda, berenang, dan berlari adalah jenis latihan terbaik yang membantu Anda membakar lemak, bersama dengan membatasi asupan kalori.

Seberapa penting peregangan sebelum latihan?

Sebaiknya pertimbangkan peregangan sebagai kegiatan yang harus dilakukan sebelum latihan Anda, tetapi bukan sebagai latihan pembakaran kalori. Peregangan adalah aktivitas pemanasan yang ideal dan efektif untuk beberapa latihan, tetapi bukan pembakar kalori yang efisien. Proses peregangan memang akan membakar lemak, tetapi pada tingkat yang sangat rendah daripada jenis aktivitas fisik lainnya. Namun, pastikan Anda melakukan peregangan sebelum memulai semua jenis latihan untuk menghangatkan otot-otot Anda.

Meskipun peregangan tidak berkontribusi terhadap penurunan berat badan dengan sendirinya, penting untuk membuat Anda tetap aktif, sehat dan dalam kondisi prima, membantu Anda membakar kalori selama sesi latihan Anda.

Panduan melakukan peregangan:

• Menurut para ahli, lakukan beberapa langkah pelan selama lima menit untuk menghangatkan otot Anda, karena ini akan mengurangi kemungkinan cedera otot saat melakukan peregangan.

• Saat melakukan peregangan, fokus untuk melibatkan kelompok otot utama tubuh Anda seperti punggung bawah, leher, bahu, paha, pinggul, dan betis. Pegang setiap regangan selama 30 detik. Ulangi setiap peregangan untuk kedua sisi tubuh Anda tiga hingga empat kali.

• Aspek penting untuk dipertimbangkan saat peregangan adalah fokus pada kelompok otot yang Anda rencanakan untuk digunakan selama latihan. Misalnya, jika Anda berencana untuk mengendarai sepeda, fokuslah pada betis, pinggul, paha depan, dan paha belakang Anda sebelum melanjutkan aktivitas.

• Jika otot Anda cedera, peregangan dapat memperparah cedera. Oleh karena itu, periksakan ke dokter atau ahli terapi fisik sebelum melakukan latihan peregangan.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, cara terbaik adalah latihan olahraga terencana dengan aerobik 3 hingga 5 kali dalam seminggu, membangun otot 2 hingga 4 kali per minggu, dan menggabungkan peregangan setiap hari.