Bisakah Menebak Jenis Kelamin Bayi dari Bentuk Perut Bumil?

doktersehat-kehamilan-hamil

DokterSehat.Com– Katanya, kalau bentuk perut ibu hamil bulat, berarti janin dalam kandungan ibu adalah perempuan. Sedangkan kalau bentuk perut ibu agak turun, berarti bayinya laki-laki. Anda tentu pernah mendengar mitos tentang menebak jenis kelamin bayi dengan melihat bentuk perut ibu hamil. Benarkah bentuk perut hamil mencerminkan jenis kelamin janin?

Ada banyak faktor yang memengaruhi bentuk perut ibu hamil, namun jenis kelamin yang dikandung bukan merupakan salah satu faktor tersebut. Beberapa hal yang dapat memengaruhi bentuk perut ibu hamil antara lain:

1. Elastisitas perut ibu
Elastisitas perut ibu ikut memengaruhi bentuk perut selama hamil. Saat hamil pertama kali perut akan cenderung bulat meruncing karena otot perut masih kuat menopang rahim. Namun pada kehamilan berikutnya akan bertambah besar namun tidak meruncing karena otot perut tidak kuat lagi menopang rahim seperti kehamilan pertama.

2. Volume air ketuban

Bagi ibu yang memiliki cairan ketuban banyak, perutnya akan cenderung membulat dan besar. Sedangkan jika hamil dengan cairan ketuban sedikit, maka perut akan terlihat kempis dan tidak terlalu bulat.

3. Posisi janin
Posisi janin juga akan memengaruhi bentuk perut ibu. Jika janin sedang melintang, perut ibu akan tampak memanjang, namun jika janin sedang membujur, maka perut ibu akan terlihat melebar.

4. Usia kehamilan
Pada usia kehamilan di trimester awal, perut akan tampak sedikit naik. Namun ketika menjelang kelahiran, janin akan semakin mendekati jalan lahir sehingga perut ibu akan terlihat lebih turun.

Selain melihat dari bentuk perut, banyak yang menebak jenis kelamin bayi dari jenis ngidam dan perubahan fisik ibu. Banyak yang menganggap jika ibu hamil ngidam makanan manis akan memiliki bayi perempuan dan sebaliknya, ngidam makanan gurih atau asin maka akan memiliki jenis kelamin laki-laki. Begitu juga dengan perubahan fisik ibu saat hamil. Jika ingin selalu tampil cantik, maka ibu hamil diduga memiliki bayi perempuan, sedangkan jika tidak minat untuk berdandan, maka ibu hamil memiliki anak laki-laki.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jenis kelamin bayi yang dikandung dapat diketahui melalui bentuk perut ibu hamil atau melalui jenis ngidam dan perubahan fisik ibu hamil. Cara mengetahui jenis kelamin bayi paling mudah dengan melakukan USG. Biasanya setelah kehamilan 4 bulan sudah dapat dilihat apakah jenis kelamin bayi laki-laki atau perempuan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik