Bisakah Mata Minus Disembuhkan?

DokterSehat.Com– Salah satu gangguan kesehatan yang kini semakin banyak ditemukan pada anak muda adalah mata minus. Kebiasaan menggunakan gadget atau membaca dengan tidak benar disebut-sebut menjadi penyebab banyaknya orang yang terkena masalah kesehatan ini. Sebuah pertanyaan pun muncul, jika kita terkena mata minus, apakah mungkin kita bisa menyembuhkannya dan mendapatkan kembali penglihatan yang normal?

doktersehat-Retinopati-Diabetikum-mata

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah mata minus ternyata bisa diperbaiki dengan berbagai cara. Salah satu dari cara tersebut adalah dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Dengan menggunakan kedua alat bantu ini, maka kita pun bisa kembali melihat berbagai benda di jarak yang jauh dengan baik. Tak hanya itu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan mata. Demi menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah mata minus bertambah, ada baiknya kita juga mulai membiasakan membaca dengan posisi yang baik, tidak lagi membaca di tempat yang remang, dan mengistirahatkan mata jika sudah terasa lelah.

Menggunakan kacamata atau lensa kontak memang tidak akan menyembuhkan mata minus. Namun, setidaknya kita mencegah masalah mata minus ini bertambah parah dan menghindari gejala layaknya kepala pusing.

Untuk memperbaiki masalah mata minus, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan operasi LASIK atau laser assisted in situ keratomileusis. Jika kita melakukan prosedur operasi ini dengan bantuan dokter spesialis mata yang berpengalaman, maka kita bisa menyembuhkan masalah mata minus. Operasi LASIK ini bisa memperbaiki bentuk dari permukaan kornea mata. Tujuan dari perbaikan ini adalah agar cahaya yang masuk akan jatuh dengan sempurna pada mata sehingga membuat kita kembali bisa melihat dengan normal. Jika hal ini terjadi, kita pun tidak akan lagi membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk melihat dengan jelas.