Bisakah Akupuntur Tanam Benang Muka Bikin Kecanduan?

DokterSehat.Com – Berbicara mengenai masalah kecantikan, pastinya tidak bisa dilepaskan dari berbagai tindakan dan cara untuk menjaga, mempertahankan atau bahkan mempercantik estetika penampilan kulit wajah dan tubuh. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa beberapa metode yang lazim digunakan dalam mengatasi permasalahan estetika penampilan dan kecantikan ini sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari metode alamiah ataupun penggunaan teknologi modern. Salah satu cara atau metode alamiah yang dikombinasikan dengan teknologi modern yang bisa dijadikan pertimbangan adalah metode terapi akupuntur penjahitan, penanaman dan pengikatan simpul atau threading, burying and ligation of suture therapy of loci pada titik meridian tertentu menggunakan benang khusus. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah akupuntur tanam benang muka bikin kecanduan?



Untuk dapat menjawab pertanyaan seputar apakah akupuntur tanam benang muka bikin kecanduan, ada baiknya mengetahui beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kecanduan pada seseorang sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu :

• Psikologis
Menurut salah seorang psikolog yang membuka praktek di kawasan Surabaya, diungkapkan bahwa secara psikologis kecanduan pada sesuatu bisa diakibatkan adanya rangsang stimulasi berupa kepuasan setelah melakukan suatu aktifitas dan ingin melakukan tindakan yang sama secara berulang-ulang dalam intensitas yang sering. Kecanduan ini akan berbeda halnya dengan kecanduan yang diakibatkan rangsang stimulasi terhadap persyarafan atau susunan syaraf yang diakibatkan oleh zat kimia atau psikotropika.

• Ingin lebih
Kecanduan terhadap sesuatu hal juga dapat dipicu oleh keinginan untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna menurut standarisasi diri sendiri atau pribadi, sehingga segala upaya akan dilakukan agar keinginan ini terlaksana. Hal ini dapat dibuktikan pada beberapa kasus suntik kolagen atau operasi bedah estetika yang seringkali dilakukan oleh beberapa selebritas yang merasa bahwa tindakan koreksi yang mereka lakukan dianggap kurang memuaskan. Walaupun faktanya, bedah estetika yang dilakukannya juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga:  Beberapa Dampak Buruk Obesitas

Demikianlah beberapa data dan fakta mengenai faktor pemicu terjadinya kecanduan, sehingga bisa dikatakan bahwa apakah akupuntur tanam benang muka bikin kecanduan atau tidak, pastinya relatif bergantung pada masing-masing individu. Lain halnya jika tindakan akupuntur yang dilakukan ini ternyata juga memberikan stimulasi pada titik relaksasi, sehingga memicu produksi hormon endorphin yang diproduksi oleh kelenjar ptiuari yang berada di otak. Apabila ini dilakukan, bukan tidak mungkin tindakan akupuntur tanam benang yang dilakukan juga dapat memicu terjadinya kecanduan.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Memilih Pembalut yang Cocok?