Bisa Langsing Dengan Main Tetris?

DokterSehat.Com – Game yang pernah populer di jamannya ini pasti sudah tidak asing juga bagi Anda. Ya. Tetris, game klasik menata balok-balok ini memang tidak ada matinya. Tahukah Anda bahwa beberapa ilmuwan telah meneliti bahwa permainan yang satu ini ternyata bisa digunakan untuk menurunkan berat badan?



Menurut pendapat beberapa psikolog, main tetris bisa menurunkan hasrat mengemil atau menyantap makanan berlemak. Pendapat seirama disampaikan beberapa peneliti yang menyampaikan, bermain game asah otak sepanjang 3 menit bisa menolong menahan keranjingan atau hasrat makan dengan cara alami.

Peneliti dari Plymouth University menyebutkan, game bisa berperan untuk perusak serta pengalih perhatian seorang hingga tidak memikirkan makanan ringan, rokok, atau minuman mengandung alkohol. Temuan ini menyediakan langkah cepat untuk mengatur hasrat makan, merokok, atau konsumsi alkohol pada mereka yang tengah diet atau mau melepas diri dari kecanduan.

Dalam risetnya, peneliti meminta beberapa relawan membuat rata-rata dalam angka perihal seberapa kuat, nyata, serta mengganggu hasrat atau keranjingan yang mereka rasakan. Setelah itu, relawan bermain tetris sepanjang 3 menit.

Setengah dari responden memainkan tetris versi 1984, sedangkan sisanya hanya menunggu proses loading game. Penelitian ini dipimpin Jessica Skorka-Brown, Jackie Andrade, serta Jon May dari Cognition Institute.

Menurut Andrade, lamanya seorang terasa lapar umumnya berjalan hanya sebagian menit. Sepanjang saat itu, seorang memikirkan apa yang diinginkan serta benar-benar menghormati waktu hal itu jadi nyata. Mengakibatkan, seseorang lebih sering menyerah serta konsumsi hal yang semestinya tidak bisa.

Situasi itu nyatanya bisa dihindari dengan bermain game tetris. Bermain game, mencegah otak memikirkan beragam konsumsi yang dilarang. Hingga rasa mau konsumsi dapat hilang, tutur Andrade.

Baca Juga:  Tips Agar Selalu Segar Saat Bangun Pagi

Tetris adalah game yang ditemukan Alexey Pajitnov dari Soviet Union, serta telah terjual jutaan kopi di semua dunia. Game ini dikembangkan untuk komputer rumah serta sejenisnya, tetapi menjadi fenomena waktu masuk dalam Nintendo Gameboy pada 1989.

Sering melupakan makan dan seks

Walau game bisa mengalihkan perhatian serta bertahan pada pola makan sehat, tetapi sebaiknya tidak memainkan game terlampau lama. Dalam penelitian lain yang terpisah, rutinitas main game justru punya pengaruh jelek. Sekitar setengah dari pengagum game pria mengakui sering melupakan seks serta menentukan meneruskan permainan. Sesaat 20% gamers wanita menyebutkan terlambat menikah disebabkan rutinitas itu.

Dalam penelitian ini, beberapa gamers menentukan tidak makan serta melupakan aktivitas seks, serta terus dalam area bermain game berbarengan lawan terbaiknya. Apabila selalu dilewatkan, rutinitas ini pasti tidak baik untuk kesehatan.