Bintik Merah, GejaLa Awal Kanker Lidah

Doktersehat.com – Lidah merupakan salah satu organ penting yang berada dimulut. Walupun jarang terlihat organ ini tak luput dari serangan penyakit. Bahkan penyakit seperti kanker lidah pun bisa menyebabkan kematian.

doktersehat-konsultasi-mulut-gigi

Kanker lidah sebenarnya termasuk dalam kategori umum kanker mulut. Penyakit kanker mulut tak hanya menyerang lidah saja, tapi juga bibir, pipi, tenggorokan, dan jaringan dalam seperti sinus. Bahayanya, kanker ini bisa menyebar ke seluruh tubuh jika tidak segera diobati.

Gejala
Kanker lidah cukup sulit untuk diketahui lebih awal karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Timbulnya bintik marah atau putih pada lidah bisa menjadi pertanda awal munculnya kanker lidah. Bintik ini bisa berkembang pada gusi atau daerah sekitar mulut lainnya.

Segera lakukan pemeriksaan jika terdapat bintik pada lidah yang menimbulkan rasa sakit, berubah warna, dan tak kunjung sembuh selama 14 hari. Awal munculnya kanker lidah bisa dideteksi dokter gigi yang terlatih mengamati perubahan halus dalam jaringan.

Stadium awal kanker lidah juga ditandai dengan munculnya benjolan pada lidah yang bisa dengan mudah berdarah. Penyakit ini juga bisa menyebabkan rasa sakit saat mengunyah dan menelan.

Tanda lain yang bisa Anda waspadai adalah hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mati rasa serta terjdinya perubahan suara.

Gejala kanker lidah juga ditandai dengan sakit tenggorokan kronis atau rasa sakit yang menjalar hingga ke telinga.

Pecandu minuman alkohol dan perokok sangat berisiko terkena penyakit kanker lidah. Oleh sebab itu, segeralah menerapkan gaya hidup sehat yang terbebas dari rokok dan alkohol.