Bintik Hitam Pada Tangan

DokterSehat.Com – Setiap orang, khususnya kaum wanita tentu berharap kulitnya memiliki kondisi yang mulus tanpa adanya bekas luka atau bintik-bintik hitam yang akan terlihat sangat mencolok. Sayangnya, bintik-bintik hitam biasanya akan cukup mudah muncul pada kulit, khususnya pada area tangan. Munculnya bintik-bintik hitam pada kulit ini sendiri dikarenakan melanin yang memberikan warna pada kulit justru memberikan warna yang berlebihan sehingga kulit pun mengalami bintik hitam.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Ada banyak faktor penyebab mengapa bintik hitam bisa muncul pada kulit tangan. Dikarenakan kita tinggal di negara yang kaya akan sinar matahari, paparan sinar ultraviolet yang tinggi dari sinar matahari bisa mempengaruhi produksi melanin pada kulit. Selain pada kulit tangan, area wajah yang jarang ditutupi pun bisa beresiko terkena bintik-bintik hitam. Selain karena paparan sinar matahari, kulit yang tidak dinutrisi dengan baik juga bisa menimbulkan bintik-bintik hitam. Untuk tetap bisa menampilkan tampilan yang baik, kulit membutuhkan asupan vitamin C dan juga vitamin B 12. Vitamin C sendiri merupakan gizi yang sangat dibutuhkan oleh kulit sementara itu vitamn B 12 memiliki pengaruh besar dalam merubah warna kulit sehingga jika kekurangan asupan ini kulit bisa mengalami bintik hitam.

Gangguan kesehatan juga bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada tangan. Tubuh yang mengenai anemia fanconi, sebuah penyakit genetik memiliki gejala munculnya bintik hitam kecoklatan pada kulit. Selain itu, hati yang tidak berfungsi dengan baik tentu akan tidak benar-benar menetralisir racun yang telah memasuki tubuh sehingga banyak racun yang justru ikut beredar dalam darah dan pada akhirnya mempengaruhi sel-sel kulit. Selain bintik-bintik hitam, kulit yang gatal-gatal dan ruam-ruam juga bisa muncul karena lemahnya fungsi hati.

Baca Juga:  Cara Menjaga Mata dari Polusi

Beruntung kini banyak sekali produk perawatan kulit yang diklaim mampu secara bertahap menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit sehingga tampilan kulitpun bisa dikembalikan dengan maksimal. Selain memakai produk perawatan, asupan makanan yang kaya akan vitamin C dan vitamin B 12 layaknya buah-buahan dan sayuran juga akan membuat tampilan kulit menjadi lebih menawan.