Bintik Air Kulit yang Gatal bila Pecah

Siang Dokter, saya mau tanya… di tangan saya ada bintik-bintik dan berair bila pecah gatal. Sudah saya obati tetapi selalu kambuh. Dok minta sarannya dan kira-kira penyakit apa yah? Terima kasih.



Jawab

Salam sehat selalu,

Berdasarkan gejala-gejala yang Tn. Fendy ceritakan, banyak sekali kemungkinan yang ada mengenai penyakit yang mungkin diderita oleh saudara. Jika hanya gejala yang saudara sebutkan, kemungkinannya dapat berupa kutu (scabies), jamur (tinea), atau pun hanya infeksi kulit biasa atau ketiganya dapat saling tumpang tindih.

Pada penyakit kutu akan ditemukan gejala tambahan berupa gatal yang cenderung memberat pada malam hari, ditemukan gatal yang serupa pada orang 1 rumah, ditemukan kutu atau telur kutu pada luka. Pada kasus jamur biasanya memiliki karakteristik kemerahan dengan permukaan yang tidak rata, gatal tidak hanya pada malam hari, dan  ditemukan penyembuhan yang bermulai dari tengah luka (central healing). Namun kasus yang sering kali ditemukan adalah kutu bercampur dengan infeksi kulit.
Hal ini dapat terjadi jika pada luka yang gatal digaruk sehingga kuman dan kotoran menginfeksi lesi kulit yang ada dan menimbulkan bisul.

Untuk pengobatan yang dapat saya anjurkan untuk saat ini, jika luka masih basah ataupun terbuka jangan berikan salep atau sejenisnya, tetapi kompres terlebih dahulu lesi kulit yang ada hingga mengering. Jika luka basah saudara berikan salep ditakutkan akan tambah basah (“merejih”). Kompres dapat menggunakan kassa (kain perban, bukan kapas) yang sudah cukup basah dengan cairan rivanol (tidak “lepek”) tempelkan pada lesi luka selama 15 menit pagi dan sore hari selama 3 – 4 hari. Jika sudah menggering baru gunakan salep yang sesuai. Untuk mengetahui penyakit saudara dapat dikonsultasikan ke dokter keluarga anda.

Semoga penjelasan saya dapat membantu.

Oleh

Baca Juga:  Waspadai Bahaya Tanning di Kemudian Hari

Dr. Budiyanto
Team DokterSehat