Bingung Memilih Buah Mangga yang Matang? Lakukan Tips Ini

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak tergoda aroma yang harum dan rasa manis dari buah manga? Mangga masih termasuk dalam buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia mengingat rasanya yang enak dan tingginya kadar gizi di dalamnya. Tak hanya itu, harga mangga juga masih bisa dijangkau semua lapisan masyarakat.

doktersehat-mangga-baik-untuk-diabetes

Banyak orang yang mengaku bingung saat harus memilih buah mangga yang akan dibeli. Kadangkala, buah yang sudah terlihat matang ternyata juga masih terasa asam, bukannya manis sebagaimana buah mangga yang sudah matang. Apakah ada cara yang efektif untuk kita lakukan saat memilih buah mangga?

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk memilih buah mangga adalah dengan mengecek kekerasan dari buah tersebut. Tekanlah permukaan buah ini. Jika terasa lunak, kemungkinan besar mangga sudah matang.

Ada baiknya kita tidak begitu memperhatikan warna dari buah mangga karena masih ada buah mangga yang sudah kekuningan atau oranye yang ternyata masih terasa asam. Justru, ada baiknya kita memilih mangga yang sudah memiliki bintik-bintik kekuningan atau oranye yang bisa menandakan bahwa buah ini mulai matang. Aroma buah mangga yang khas biasanya juga bisa menandakan apakah buah ini sudah matang atau tidak. Kita bisa mencium aroma ini di bagian ujungnya.

Kita juga bisa sengaja memilih mangga yang belum matang agar bisa dikonsumsi di kemudian hari. Cukup dengan menempatkannya di suhu ruangan atau membungkusnya dengan kertas koran selama 1 atau 2 hari, maka buah mangga pun akan segera matang dan memiliki rasa yang manis saat kita konsumsi.