Bingung Karena Bayinya Tiba-Tiba Tak Mau Menyusu, Ibu Ini Ternyata Terkena Kanker

DokterSehat.Com – Susan Boyle, wanita berusia 26 tahun dari Staffordshire, Inggris ini, sedang dalam masa yang sangat berbahagia mengingat Ia baru saja melahirkan seorang putra. Hanya saja, kebahagiaan ini hanya bertahan selama enam bulan saja. Pada saat itu, bayi yang Ia beri nama Teddy ini tiba-tiba saja menolak untuk menyusu meskipun Susan sudah mencoba berbagai posisi apapun saat menyusui. Saat itulah Ia meraba-raba payudaranya untuk mencari tahu apakah ada yang salah dan akhirnya menemukan adanya benjolan keras yang sangat mencurigakan.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Sebenarnya, pada tahun 2013 silam, dokter sempat berkata pada Susan jika Ia memiliki tumor jinak di payudara kirinya. Sayangnya, meskipun Susan sudah meminta pemeriksaan ulang, dokter ini berkata bahwa Susan tidak perlu mengkhawatirkan tumor tersebut. Setelah menemukan adanya benjolan dan perubahan pada payudaranya ini, Ia pun akhirnya meminta pemeriksaan biopsi pada dokter lainnya. Saat inilah Ia benar-benar didiagnosis terkena kanker payudara.

Meskipun merasa sedih karena terkena kanker payudara, Ia merasa beruntung karena berkat buah hatinya yang benar-benar tidak mau menyusu, Ia menjadi curiga dan mau memeriksa kondisi payudaranya. Kini, Susan pun secara rutin melakukan terapi pengobatan demi menghilangkan kanker payudara ini.

Catherine Priestley yang berasal dari Breast Cancer Care berkata bahwa kasus yang terjadi pada Susan sebenarnya cukup banyak terjadi pada ibu menyusui lainnya. Cukup banyak bayi yang tak lagi mau menyusu sebelum ibunya terdiagnosa penyakit kanker. Menurut Catherine, meskipun dalam dunia medis belum ada penelitian yang membuktikan bahwa bayi tiba-tiba tak mau menyusu karena bisa merasakan perubahan pada payudara yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang berbahaya layaknya kanker, ada baiknya memang setiap ibu menyusui mulai curiga dan memeriksakan kondisinya andai bayi tak mau menyusu secara tiba-tiba.

Baca Juga:  Seperti Apa Tanda Kanker Payudara Pada Pria?