informasi kesehatan


Bila lupa Minum Pil KB

Bila lupa Minum Pil KB

DokterSehat.com – Pil keluarga berencana (pil KB) merupakan metode kontrasepsi hormonal yang paling banyak dipilih oleh perempuan usia reproduksi di banyak negara di dunia untuk mencegah atau mengontrol kehamilan.

Pil KB dipilih karena sangat dipercaya, sederhana dalam penggunaannya, serta tinggi tingkat reversibility-nya (cepat menjadi subur kembali) dibandingkan metode kontrasepsi hormonal lainnya. Agar efektif mencegah kehamilan, pil ini harus diminum setiap hari berturut-turut tanpa selang.

Namun, bagaimana bila kita lupa minum satu hari? Bila ini terjadi, segera konsumsi begitu Anda ingat. Bila Anda lupa minum pil KB dalam dua hari, minum dua pil sekaligus di hari Anda ingat dan dua pil lagi keesokan harinya. Dengan cara ini jadwal minum pil Anda akan kembali normal. Tetapi bila Anda lupa minum lebih dari dua hari, konsultasikan pada dokter kandungan agar tidak terjadi kehamilan.

Setiap kali Anda lupa mengonsumsi pil KB, sebaiknya gunakan metode kontrasepsi lainnya saat berhubungan, misalnya kondom, karena saat kita lupa minum pil kemungkinan terjadinya ovulasi akan meningkat, sehingga risiko kehamilan pun semakin besar. Oleh sebab itu bila Anda pernah lupa minum pil KB dan tidak haid, lakukan tes kehamilan.

Editor: acandra
Sumber : WebMD

pf button both Bila lupa Minum Pil KB
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

113 Responses to “Bila lupa Minum Pil KB”

  1. naya says:

    Dear dokter, mens pertama saya tanggal 15 Maret dan saat itu pula saya mengkonsumsi pil kb andalan (saya mulai dgn warna kuning sesuai petunjuk)selesai mens tanggal 23 dan langsung berhubungan. Selama kurun waktu 23 maret hingga 29 maret kami berhubungan setiap hari dan ejakulasi di dalam. Karena suami harus kembali ke luar kota,saya berhenti minum pil sejak tgl 31 maret. Apakah saya bisa hamil mengingat terakhir bersenggama tgl 29 dan berhenti minum pil tgl 31?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila senggama saat masa subur maka kemungkinan Hamil Ada. Sebaiknya minum pil KB secara teratur Dan sebaiknya menggunakan double kontrasepsi seperti dengan kondom. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0