Biji Selasih Ternyata Banyak Manfaat Kesehatannya, Lho

DokterSehat.Com – Salah satu bahan makanan yang dicari oleh banyak orang di bulan puasa adalah biji selasih. Biji selasih bisa menjadi campuran minuman yang akan sangat menyegarkan saat berbuka puasa. Biji selasih sendiri didapatkan dari tanaman selasih, semacam tanaman yang berasal dari keluarga sweet basil seperti kemangi. Dibalik rasa segar yang ditawarkan oleh biji selasih ini, ada beberapa manfaat kesehatan yang kita dapatkan jika mengkonsumsinya. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Kaya akan serat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa biji selasih ternyata kaya akan kandungan serat. Jika kita mengkonsumsinya, maka kesehatan saluran pencernaan akan terjaga sehingga kita pun bisa mencegah masalah kesehatan layaknya sembelit. Tak hanya itu, kandungan serat ini bisa menyerap kandungan kolesterol dan gula darah yang berlebihan sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

Mendinginkan tubuh
Kemampuan mendinginkan tubuh inilah yang membuat biji selasih kerap digunakan pada minuman-minuman yang menyegarkan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa biji selasih ternyata memiliki efek menenangkan atau sedative serta mendinginkan tubuh secara alami. Karena alasan inilah biji selasih bisa memberikan efek segar bagi tubuh setelah seharian berpuasa atau saat terkena panas dalam.

Meredakan demam
Pakar kesehatan menyebutkan jika mengkonsumsi biji selasih ternyata mampu meredakan demam. Tak hanya itu, biji selasih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan signifikan.

Memiliki sifat afrodisiak
Biji selasih ternyata memiliki sifat afrodisiak atau mampu meningkatkan hormon dan libido kaum pria. Efek ini berasal dari zat cineole dan tanin yang ada pada biji selasih.

Mencegah penyakit jantung
Biji selasih ternyata telah dikenal luas sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi masalah pencernaan di kawasan Asia Selatan. Tak hanya itu, kemampuannya menyerap kadar kolesterol jahat mampu membuat kesehatan jantung kita tetap terjaga.