Biji Pepaya Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Saat menikmati buah pepaya yang manis, kita seringkali langsung membuang biji pepaya yang dianggap tidak berguna. Padahal, menurut pakar kesehatan, tak hanya daging buah pepaya yang kaya akan berbagai nutrisi, biji pepaya ternyata juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Tak diduga, biji pepaya ternyata bisa dikonsumsi secara langsung atau setidaknya diolah terlebih dahulu menjadi bubuk. Jika kita tidak mengalami alergi pada getah pepaya, kita  bisa mengkonsumsi biji buah pepaya ini untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti sebagai berikut.



Menyehatkan saluran pencernaan
Buah pepaya dikenal luas sebagai buah yang sangat baik bagi saluran pencernaan. Namun, biji buah pepaya ternyata juga bisa memberikan manfaat yang sama. Biji pepaya ternyata sangat kaya akan enzim antibakteri yang bisa membantu tubuh dalam melawan berbagai racun yang berbahaya bagi saluran pencernaan sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa mengkonsumsi satu sendok biji pepaya setiap hari.

Menyehatkan ginjal
Pakar kesehatan ternyata menyarankan penderita masalah kesehatan ginjal untuk mengkonsumsi biji pepaya secara rutin. Dengan mengkonsumsi biji pepaya, maka proses pembuangan racun pada ginjal dan juga liver bisa berlangsung dengan baik. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita hanya perlu mengambil ekstrak biji pepaya yang sudah dihaluskan dan tinggal dicampur dengan satu sendok teh air perasan lemon. Dengan rutin mengkonsumsinya dua kali dalam sebulan bisa membuat ginjal semakin sehat.

Mengatasi nyeri otot
Biji buah pepaya ternyata memiliki kandungan enzim anti inflamasi yang bisa menurunkan nyeri otot yang disebabkan oleh berbagai aktifitas fisik. Kita hanya perlu mengkonsumsi satu sendok biji buah pepaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Mencegah kanker
Biji buah pepaya ternyata memiliki kandungan phytonutrient isothicynate yang bisa menurunkan resiko kanker dengan signifikan. Pakar kesehatan menyebutkan jika rutin mengkonsumsi biji pepaya bisa membuat kita lebih baik dalam mencegah kanker prostat dan kanker payudara