Biji Alpukat Ternyata Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Saat menikmati alpukat, kerap kali kita langsung membuang bijinya begitu saja dan hanya menikmati daging buahnya. Padahal, menurut pakar kesehatan, biji alpukat ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam biji alpukat, kita bisa menemukan fenol, semacam senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah hipertensi, mencegah diabetes, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah alpukat juga memilii sifat anti mikroba yang tentu akan membuat kita tidak mudah terkena penyakit. Berikut adalah alasan mengapa sebaiknya kita tidak membuang biji alpukat dan mulai mengkonsumsinya.

doktersehat-alpukat-avocado

Kaya antioksidan
Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, biji alpukat sangatlah kaya dengan antioksidan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika dalam satu biji alpukat saja, kita bisa menemukan 70 persen antioksidan fenolik yang akan membuat kita lebih baik dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh dan melawan efek buruk dari radikal bebas.

Kaya serat
Biji alpukat ternyata kaya akan serat larut yang tentu sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan kita. Dengan mengkonsumsinya, kita akan lebih baik mengatasi masalah pencernaan layaknya maag, penyakit disentri, sekaligus menurunkan resiko terkena kanker usus. Tingginya kadar serat larut ini juga akan membuat tubuh kita semakin baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi.

Mengatasi nyeri sendi
Biji alpukat ternyata memiliki sifat anti jamur sehingga akan membuat kita lebih baik dalam mencegah peradangan, menurunkan resiko kanker, dan mengatasi nyeri sendi.

Baik untuk kesehatan jantung
Biji alpukat memiliki sifat anti inflamasi yang akan membuat kita lebih baik dalam mencegah berbagai plak pada arteri sehingga kita pun akan menurunkan resiko terkena stroke atau serangan jantung dengan signifikan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Pegal Linu Biasa?

Untuk mengkonsumsinya, kita bisa menggunakan blender untuk menghaluskan biji alpukat. Agar rasanya menjadi lebih nikmat, kita bisa menambahkan beberapa buah atau sayuran dan madu yang tentu akan menambah nilai gizi dari biji alpukat ini.