Bier Yoga, Perpaduan Unik Antara Melakukan Yoga dan Menikmati Bir

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika yoga adalah salah satu jenis latihan fisik yang akan membantu kita mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat dan bugar. Beberapa jenis latihan yoga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat adalah Bikram Yoga atau yoga Vinyasa yang memiliki gerakan mengalir. Belakangan ini, ada jenis yoga yang sedang cukup banyak diminati di Jerman karena mengkombinasikan gerakan yoga dengan minuman bir yang sangat nikmat. Seperti apakah yoga yang unik ini?

doktersehat-yoga-olahraga

Masyarakat di Berlin, Jerman, tempat dimana kelas yoga ini berada, menyebutnya sebagai Bier Yoga. Bier sendiri adalah sebutan dari bir yang memang sangat digemari oleh masyarakat Jerman. Saat melakukan yoga ini, kita bisa melakukan gerakan halus nan menyenangkan khas yoga sekaligus dengan meminum beberapa teguk bir. Meskipun terlihat sederhana, melakukan beberapa pose yoga yang sudah cukup rumit tentu akan membuat kita kesulitan untuk meminum beberapa teguk bir atau menyeimbangan botol bir di atas kepala atau tangan.

Meskipun banyak orang menganggap bir sebagai minuman yang kurang sehat, pendiri kelas Bier Yoga ini menyebutkan jika baik bir ataupun yoga sudah dikenal sebagai hal yang menenangkan bagi pikiran dan jiwa selama berabad-abad. Dengan mengkombinasikan rasa bahagia dan puas saat meminum bir sekaligus ketenangan saat melakukan gerakan yoga, maka tubuh tentu akan menjadi semakin sehat dan menjadi lebih berenergi.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika bir termasuk dalam minuman dengan kadar kalori yang tinggi. Namun, berbagai penelitian kesehatan membuktikan bahwa rutin meminumnya akan mampu membuat kita menurunkan resiko terkena serangan jantung dan diabetes. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika bir bisa membantu pemulihan tubuh setelah melakukan olahraga marathon.

Baca Juga:  Yoga Sangat Baik Dalam Mencegah Masalah Tekanan Darah Tinggi

Selain di Berlin, Jerman, kelas Bier Yoga ini juga sudah bisa ditemukan di negara tetangga, Australia. Selain itu, tren yoga ini sepertinya juga akan menyebar ke Amerika Serikat dan negara-negara lain.