Bibir Vagina Lebih Gelap? Lakukan Hal Ini Untuk Mencerahkannya

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika seiring dengan bertambahnya usia wanita, maka Ia akan mengalami perubahan pada kondisi fisiknya. Bagi sebagian wanita, perubahan pada fisik ini kurang menyenangkan layaknya tubuh yang semakin melar dengan berat badan yang semakin bertambah, atau bahkan semakin gelapnya area kewanitaan ini. Bagi sebagian wanita, vagina yang terlihat gelap tentu bisa menurunkan rasa percaya dirinya. Beruntung, menurut pakar kesehatan hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena merupakan hal yang wajar terjadi.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita memang harus rajin-rajin menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Bukan hanya untuk membuatnya mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang vagina atau bahkan area rahim, dengan rutin membersihkannya, maka warna vagina juga tidak akan berubah menjadi lebih gelap. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya memang wanita harus rutin membersihkan vaginanya, kerap mengganti pakaian dalam, kerap mengganti pembalut atau tampon saat fase menstruasi, dan memilih pembalut yang baik dan nyaman untuk digunakan.

Lantas, apa yang bisa dilakukan wanita andai vaginanya sudah terlanjur memiliki warna yang lebih gelap? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa mengatasinya dengan beberapa bahan alami layaknya yoghurt, lemon, kunyit, atau bahkan kulit jeruk.

Kita bisa menggunakan yoghurt yang bebas gula untuk mengatasi warna vagina yang lebih gelap ini. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskannya pada vagina dan kemudian didiamkan selama 20 menit sebelum kita bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih baik, kita juga bisa mencampurkan kulit jeruk pada yoghurt ini.

Selain yoghurt, kita juga bisa menggunakan campuran air lemon dan juga pasta dari kunyit yang bisa dioleskan pada vaginya yang berwarna gelap. Selain itu, kita juga bisa memakai baking soda yang sudah dicampur dengan potongan lemon yang bisa digosok-gosokkan pada bagian vagina yang sudah menggelap. Dengan melakukan trik-trik tersebut secara rutin, maka vagina pun akan kembali cerah dan wanita bisa kembali mendapatkan rasa percaya diri.