Bibir Kering dan Pecah-Pecah

DokterSehat.Com – Masalah bibir kering dan pecah-pecah biasanya kerap dikaitkan dengan gangguan panas dalam. Disamping itu, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah lainnya layaknya jika kita terlalu lama tinggal di ruangan berAC atau saat melakukan ibadah puasa. Bibir yang kering ini tentu akan sangat menyiksa karena rasa kering bibir akan terasa kasar dan bahkan jika kondisi ini sudah sangat parah, bibir bisa saja terkelupas dan meninggalkan lapisan kulit yang terasa perih jika disentuh.



Terdapat banyak sekali penyebab bibir kering dan pecah-pecah selain karena udara kering. Polusi udara juga bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, apalagi jika kita berada di lingkungan yang sangat berdebu. Kebiasaan yang kurang baik layaknya merokok dan sering minum kopi dan alkohol lalu kurangnya asupan makanan sehat layaknya buah dan sayur juga bisa membuat bibir mudah mengering. Anda sering menjilati bibir dengan air liur? Meskipun air liur itu basah, ternyata air liur justru membuat bibir menjadi lebih kering dan mudah pecah-pecah. Jika anda juga memakai kosmetik layaknya lipstik yang tidak cocok dengan kondisi bibir anda, maka bisa dipastikan bahwa bibir anda juga beresiko terkena masalah ini.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita harus memperhatikan konsumsi air putih kita per hari. Dalam sehari, ada baiknya kita meminum 8 gelas air putih agar cairan tubuh tercukupi. Meminum banyak air putih juga dapat membuat kondisi bibir menjadi lebih lembab dan tidak mudah kering. Jika anda suka merokok dan mengkonsumsi alkohol, ada baiknya anda mengurangi kebiasaan ini jika bibir anda tidak ingin bibir anda pecah-pecah. Anda juga sebaiknya memilih kosmetik dengan bijak dan sesuai dengan kondisi bibir anda sehingga bibir pun tidak mudah mengering.

Baca Juga:  Tekanan Darah Ikut Berperan Dalam Menjaga Daya Ingat

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering, kita bisa memakai handuk yang telah direndam dengan air hangat. Gunakan handuk ini untuk mengangakt lapisan kulit yang sudah mati dan terkelupas karena bibir pecah-pecah ini. Jika bibir sudah kembali halus, gunakanlah pelembab bibir untuk membuat kondisi bibir menjadi lebih baik. Anda juga bisa mengoleskan madu pada bibir yang dapat berfungsi sebagai pelembab bibir secara alami.