Bersyukur Ternyata Menjadi Kunci Jantung Sehat

DokterSehat.Com – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Bahkan, penyakit jantung adalah penyakit yang paling ditakuti di dunia karena bisa saja menyerang tiba-tiba tanpa adanya tanda-tanda sebelumnya. Berbagai cara pun dilakukan agar kita tidak terkena penyakit jantung khususnya dengan mengkonsumsi makanan yang tidak membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi sehingga darah tidak beresiko mengalami penyumbatan yang bisa membuat serangan jantung. Disamping itu, olahraga yang rutin juga diyakini mampu membuat resiko mendapatkan serangan jantung menjadi lebih minimal. Tahukah anda, untuk mendapatkan jantung yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit jantung, kita harus bersyukur setiap hari.

doktersehat-orangtua-demensia

Meskipun terlihat sepele, bersyukur ternyata telah diteliti oleh pakar kesehatan di California, Amerika Serikat dan mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. Secara sederhana, rasa syukur ternyata bisa membuat kondisi hati menjadi lebih baik dan membantu kesehatan jantung. Banyak pakar kesehatan yang berkata bahwa jika seseorang mampu menjaga psikologisnya dalam kondisi yang baik, maka kesehatan tubuhnya pun akan mengikuti kondisi tersebut.

Penelitian ini memiliki sampel berupa mereka yang pernah mengalami kesehatan jantung sebanyak 186 orang dimana semua sampel pernah mengalami masalah gagal jantung dengan tingkatan stadium B. Gagal jantung stadium B sendiri bisa menyebabkan fungsi jantung bermasalah dan jantung sendiri bisa membengkak dan bisa memicu masalah kesehatan yang lebih besar. Uniknya, dari para penderita gagal jantung yang merasa bersyukur dan mencoba untuk selalu bersyukur akan kondisinya sekaran, maka fungsi jantung pun akan menjadi lebih tertata dan kondisinya pun menjadi lebih sehat. Disamping itu, kondisi darah pun cenderung mengindikasikan adanya jauh perbaikan pada masalah peradangan jantung.

Baca Juga:  Agar Tubuh Tetap Bugar Setelah Bulan Ramadhan

Hal ini berarti disamping dengan menjaga nutrisi makanan yang seimbang dan melakukan olahraga, kita bisa menjaga emosi dan pikiran kita terus dalam kondisi yang positif dan selalu bersyukur sehingga kondisi jantung kita pun tetap terjaga. Kita bisa menjaga suasana hati agar tidak dalam kondisi tertekan dan tidak terlalu lelah dan jantung kita pun akan memiliki penurunan resiko mendapatkan masalah jantung.