Bersosialisasi Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan lho

DokterSehat.Com – Kita tentunya pernah diberi nasehat entah oleh orangtua atau siapapun agar bersosialisasi dengan orang disekitar, dengan teman kantor, teman sekolah, tetangga dan siapapun itu. Nasihat tersebut ternyata bermanfaat karena selain menambah koneksi, bersosialisasi memiliki efek yang baik untuk kesehatan jangka panjang kita. Studi terbaru menyatakan bahwa bersosialisasi sama pentingnya dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan jangka panjang kita.

doktersehat-orangtua-demensia

Penelitian tersebut menganalisisis data dari peserta dewasa hingga usia lanjut. Pertama-tama, mereka melihat integrasi sosial, dukungan sosial dan ikatan sosial peserta. Kemudian mereka mengevaluasi empat indikasi kesehatan yaitu : tekanan darah, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan inflamasi sistemik yang berhubungan dengan penyakit jantung, stroke, cancer, dan penyakit lainnya.

Peneliti menemukan bahwa semakin banyak bersosialisasi pada usia muda, maka memiliki kesehatan yang lebih baik pada jangka pendek dan saat usia tua. Peneliti mengatakan bahwa berdasarkan penemuan tersebut, sangatlah penting untuk mengajak remaja dan dewasa muda untuk membangun hubungan sosial lebih banyak lagi dan mulai melatih kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain sama halnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan aktif berolahraga.

Penelitian sebelum ini mengungkapkan bahwa orang usia lanjut memiliki kehidupan lebih lama jika mereka memiliki koneksi sosial yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa hubungan sosial mengurangi risiko terjadinya penyakit.
Pada remaja muda, isolasi untuk bersosialisasi meningkatkan risiko terjadinya infeksi, dan juga memiliki hubungan yang kuat melawan terjadinya obesitas. Sedangkan pada dewasa, larangan bersosialisasi merupakan dapat lebih mengancam kesehatan dibandingkan dengan diabetes dan bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Dan yang terpenting disini bukanlah jumlah koneksi tetapi yang berpengaruh adalah kualitas dari hubungan sosial itu sendiri.

Baca Juga:  Anoreksia Membuat Wanita Ini Kehilangan Masa Remajanya

Hasil penelitian ini menambah satu lagi manfaat bersosialisasi yang ternyata baik untuk kesehatan. Seperti kodratnya manusia adalah makhluk sosial, sehingga hendaknya hubungan sosial antar manusia jugalah baik adanya karena pada dasarnya memang kita tidak dapat hidup sendiri. Kualitas hubungan dengan sekitar juga dijaga agar tetap baik dan senantiasa berkembang.