Bersin Tapi Tidak Jadi, Menyebalkan Bukan? Gunakan Cara Ini

DokterSehat.Com– Bersin atau sternutasi adalah pelepasan udara yang tidak disengaja dari hidung. Ini adalah cara tubuh untuk membuat kotoran keluar dari saluran hidung. Alergi, virus, iritasi, dan trauma pada hidung bisa menyebabkan bersin. Bersin biasanya kuat dan bisa terjadi secara tiba-tiba.

doktersehat-bersin

Terkadang orang mungkin memiliki keinginan untuk bersin, namun tidak dapat melakukannya. Ketidakmampuan bersin ini bisa menyebalkan, apalagi jika ada yang iritasi di hidung atau sudah sesak.

Kabar baiknya, ada kemungkinan menstimulasi tubuh untuk bersin. Seperti dilansir dari MedicalNewsToday, artikel ini menyarankan 13 cara untuk bersin sesuai permintaan Anda.

Apa yang menyebabkan tubuh bersin? adalah saat iritasi. Benda asing masuk ke dalam hidung dan terjebak ke dalam lendir di bagian hidung. Partikel ini kemudian menuju ke perut, di mana asam lambung menetralisirnya.

Dalam beberapa kasus, partikel ini bisa mengiritasi selaput lendir hidung dan tenggorokan. Iritasi ini bisa menstimulasi saraf trigeminal, yang mengirimkan pesan ke otak untuk memicu tubuh bersin. Bagian tubuh lain yang berperan dalam bersin meliputi otot diafragma, otot perut, dada, dan tenggorokan.

Berikut tips untuk menginduksi kerja bersin dengan mengaktifkan saraf yang memicu hidung bersin:

1. Gunakan tisu
Gulung ujung tisu hingga berbentuk runcing, kemudian masukan ke dalam satu lubang hidung. Perlahan gerakkan tisu ke dalam dan keluar hidung, sampai merasakan sensasi menggelitik. Tindakan ini akan merangsang saraf trigeminal.

Penting untuk berhati-hati saat menggunakan teknik ini, jangan memasukkan terlalu jauh ke lubang hidung karena dapat menyebabkan rasa sakit.

2. Menggelitik hidung dengan bulu
Beberapa orang bisa diinduksi bersin hanya dengan menyikatkan bulu sikat gigi di bawah hidung dengan bulu palsu. Hal ini tidak dianjurkan untuk menggunakan bulu yang sebenarnya, atau untuk memasukkan bulu ke dalam hidung.

3. Lihatlah cahaya
Pada beberapa orang, yang secara tiba-tiba melihat cahaya terang dapat menyebabkan bersin. Beberapa orang bisa bersin pada permintaan hanya dengan melihat cahaya yang terang. Periset memperkirakan bahwa sampai sepertiga dari populasi rentan terhadap bentuk bersin refleksif ini, yang dikenal sebagai refleks bersin fotomatik (PSR) atau ACHOO (ledakan kooperatif helio-ophthalmic yang menghirup autosomal). Refleks ini bisa terjadi karena saraf trigeminal terletak disamping saraf optik.

Bersin photic adalah keturunan, jika salah satu orangtua terpengaruh, anak mereka memiliki kesempatan 50 persen untuk memiliki refleks. Mereka yang ingin mencoba ini harus melihat cahaya yang terang tiba-tiba. Namun, jangan pernah melihat langsung sinar matahari, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

doktersehat-belimbing-vitamin-starfruit-obat-batuk
4. Mengendus parfum
Beberapa parfum yang kuat dapat menyebabkan orang bersin. Untuk mencoba ini, semprotkan keharuman kuat di udara untuk mengiritasi lapisan hidung. Jangan menghirup partikel parfum secara langsung, dan jangan sekali-kali menyemprotkan keharumannya langsung ke dalam lubang hidung.

5. Cabut bulu lubang hidung 
Memetik satu bulu lubang hidung bisa merangsang saraf trigeminal untuk menyebabkan bersin. Meskipun bulu lembut, kulit di lubang hidung sangat sensitif.

6. Makan cokelat hitam
Cokelat hitam dengan persentase tinggi kakao bisa menyebabkan bersin. Alasan pasti terjadinya ini tidak diketahui, namun para ilmuwan tidak menganggapnya berkaitan dengan alergi. Sementara tips ini pasti tidak akan bekerja untuk semua orang, ini memang berguna bagi sebagian orang —terutama mereka yang tidak rutin makan cokelat.

Baca Juga:  Deteksi Penyebab Penyakit Pada Kulit dan Jenisnya

7. Miringkan kepala ke belakang
Teknik ini mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang merasakan bersin, tapi kecil kemungkinan berhasil. Cukup membuat kepala Anda melihat ke atas dan kembali tegak.

doktersehat-rempah-cabai-garam
8. Menghirup serbuk bumbu
Bumbu dapur seperti cabai dan pala dapat mengganggu selaput lendir dan menyebabkan bersin, meskipun bisa menyebabkan sensasi terbakar di lubang hidung.

Lada hitam dan bumbu lainnya, seperti jinten, ketumbar, dan lada merah yang dihancurkan – dikenal dapat menyebabkan hidung bersin. Senyawa di lada hitam dan putih mengandung piperine, yang dapat mengganggu selaput lendir. Demikian juga capsaicin – komponen alami dari paprika panas akan menyebabkan reaksi bersin.

Cobalah membuka sebotol rempah-rempah dan mengendus lembut, atau menggiling beberapa merica utuh untuk menimbulkan bersin. Memasak makanan pedas atau menghirup beberapa ekstrak capsaicin dari botol juga bisa bekerja.

Namun berhati-hatilah saat mencium bumbu, karena jika terlalu banyak bisa menyebabkan sensasi terbakar di lubang hidung.

9. Memetik alis 
Demikian pula memetik alis bisa mengiritasi saraf wajah, yang bisa merangsang saraf trigeminal. Beberapa orang bersin setelah memetik satu rambut, sementara yang lain perlu beberapa kali lipat.

10. Gunakan ujung lidah
Gerakkan ujung lidah ke atas dan bawah atap mulut. Saraf trigeminal berjalan di sepanjang jalur ini. Seseorang mungkin harus bereksperimen mengenai tempat terbaik untuk dipijat, tingkat tekanan untuk diterapkan, dan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menimbulkan bersin.

11. Pijat hidung
Dengan perlahan pijat atau menggosok ujung hidung ke bawah menggunakan tangan untuk mendapat respon dari saraf trigeminal. Beberapa orang mungkin mendapatkan hasil dari ringan mencubit hidung. Sekali lagi, bereksperimen dengan teknik sampai sensasi menggelitik dan bersin terjadi.

12. Carilah udara dingin
Udara dingin ke wajah bisa memicu refleks bersin. Pergi ke daerah yang dingin dan ambil napas dalam-dalam dalam udara yang sejuk. Jika tidak dingin di luar, matikan AC atau buka freezer dan hirup udara dingin.

doktersehat-soda-kaleng-kanker
13. Minuman berkarbonasi
Sebuah reseptor di lidah, diaktifkan oleh karbon dioksida dalam minuman bersoda. Ketika beberapa reseptor dirangsang, tubuh meningkatkan air liur dan memicu batuk atau bersin. Menghirup gelembung juga bekerja karena hidung lebih sensitif dibanding lidah menjadi karbondioksida.

Terkadang, mungkin perlu untuk memicu bersin. Meskipun ada banyak metode untuk melakukan ini, tidak semua metode akan berhasil untuk semua orang. Hal ini karena orang merespons secara berbeda terhadap iritasi dan memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap stimulasi saraf trigeminal.

Selain itu, beberapa teknik mungkin bekerja lebih baik daripada yang lain untuk orang yang menderita flu. Karena mereka mungkin memiliki banyak lendir di hidung yang bisa menjebak kotoran atau debu. Oang dengan hidung tersumbat mungkin akan lebih baik menstimulasi saraf trigeminal secara manual daripada menghirup iritasi.

Ingat, tetap berhati-hati merangsang saraf hidung agar Anda bisa bersin. Jangan pernah memasukkan apapun yang keras atau tajam ke dalam lubang hidung.